Puluhan Warga Muncar Tuntut Keadilan Terhadap BLK


ARYA-MEDIA, Banyuwangi – Aksi unjuk rasa oleh puluhan warga Muncar bersama Serikat Pekerja Nasional (SPN) dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Muncar Banyuwangi, Kemarin Kamis, (17/1/2019).

Aksi unjuk rasa tersebut terjadi lantaran BLK dalam hal rekrutmen Tenaga Kerja diduga tidak memberikan ruang kesempatan kerja kepada masyarakat sekitar. Ada pula tudingan bahwa pihak BLK tidak transparan, dan tenaga kerja di BLK didominasi Tenaga Kerja dari luar daerah. Sehingga kebijakan yang diduga tidak memenuhi unsur keadilan itulah yang mengantarkan Geger Setiyono dan SPN protes keras melalui aksi unjuk rasa.

Dalam orasinya Korlap unjuk rasa, Geger Setiyono bersama Serikat Pekerja Nasional (SPN), menuntut agar dalam rekrutmen tenaga kerja. “Seharusnya BLK serap Tenaga Kerja putra daerah bukan karena Tenaga Kerja titipan dari pihak tertentu”, kata yang terpekik dalam orasinya.

Tampak pula dalam unjuk rasa, mantan Kepala Desa Kedungrejo H. Abdurrohman. Yang mana mantan Kades mengingatkan kembali pada sebelum dibukanya BLK. Dikatakan bahwa, pada waktu itu pernah ada semacam kesepakatan dengan pihak BLK terdahulu.

“Dalam perekrutan Tenaga Kerja pihak BLK akan melibatkan warga sekitar”, Lontaran kata yang terucap dari H. Abdurrohman.

Kondisi unjuk rasa sedikit menurun, setelah dari pihak perwakilan BLK mempersilahkan perwakilan pengunjuk rasa dipersilahkan masuk dalam salah satu ruangan untuk dilakukan mediasi. Secara keseluruhan kegiatan unjuk rasa berjalan aman, berkat kawalan dan pengamanan aparat Kepolisian dan unsur TNI setempat. (Rdy35/ops).

 347 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!