PUPR Magetan : Tingkatkan Akses Air Bersih Untuk MBR Melalui Program Hibah Air Minum


ARYA-MEDIA, Magetan – Program Hibah Air Minum Bersih untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), terus digalakkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan melalui Bidang Cipta Karya, bakal melaksanaan perluasan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2020.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan, Ir. Hergunadi, MT., melalui Plt Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Rohkmat Zainuddin, ST. MT., mengatakan bahwa, Program Hibah Air Minum tersebut, diberikan melalui mekanisme Pemkab Magetan dengan membiayai terlebih dahulu investasi jaringan perpipaan hingga ke sambungan rumah (SR). Setelah dilakukan verifikasi, maka pemerintah pusat akan mengganti biaya yang dikeluarkan oleh Pemkab Magetan. 

“Program ini ditujukan untuk meningkatkan akses air bersih kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah, secara adil dan merata. Bentuk kegiatannya adalah pemasangan sambungan rumah air minum bersih secara gratis kepada masyarakat penerima manfaat,” kata Plt Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten magetan, Selasa (16/6/2020).

Rohkmat menjelaskan, dengan pagu angaran sebesar Rp 1.6 milliar lebih, dapat mengcover 825 SR MBR, yang terbagi di 6 desa di Kabupaten Magetan dengan jumlah SR yang berbeda-beda. Yakni Desa Balok Kec Karangrejo (150 SR), Desa Gebyok Kec Karangrejo (100 SR), Desa Kiringan Kec Takeran sebanyak (135 SR), Desa/Kecamatan Poncol sebanyak (190 SR), Desa Genilangit  Kec Poncol (100 SR), dan Desa Pojok Kec Kawedanan sebanya (150 SR).

“Ada 6 titik lokasi di Kabupaten Magetan yang mendapatkan bantuan Hibah Air Minum. Ini sebagai perluasan Pamsimas sebelumnya, yakni di Desa Baluk, Gebyok, Kiringan, Poncol, Genilangit, dan Desa Pojok,” jelasnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaannya, Dinas PUPR Kabupaten Magetan akan melakukan kegiatan secara Penunjukan Langsung (PL), dan juga memberikan kesempatan kepada rekanan untuk mengikuti tahapan lelang yang akan dilaksanakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Magetan.

“Untuk pelaksanaannya, 2 lokasi proyek dengan Penunjukkan Langsung, dan 4 lainnya bakal kita lelang di LPSE Magetan,” pungkas Rohkmat Zainuddin. (Ren)

 502 total views,  7 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!