Purna Tugas Bupati, Pemkab Madiun Lakukan “Kirab Boyongan” Sebagai Penghormatan


ARYA-MEDIA, Madiun – Puluhan kereta hias sedang berderet berjajar untuk mengantar Bupati Madiun, Muhtarom (Mbah Tharom) dalam agenda Kirab Boyongan Bupati Madiun, Kamis (2/8/2018).

Kirab ini sebagai prosesi mengantar Bupati Madiun dua periode, Muhtarom, dari rumah Dinas menuju ke rumah pribadinya di Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kab. Madiun. Tak heran, suasana menjadi ramai dengan sedikit kemacetan, menjadi perhatian warga Kecamatan Dolopo, dan sekitarnya.

Diadakannya Kirab Boyongan ini, untuk menghormati Bupati Muhtarom yang akan menyelesaikan masa jabatannya sebagai Bupati Madiun pada Jumat (3/8). Tampak kereta kuda sedang berjalan sejajar beriringan, dengan penuh hiasan khusus didatangkan dari keraton Surakarts dan Keraton Jogyakarta.

Baca Juga :  150 Delegasi ASEAN Bakal Hadir pada AJAFA-21 RLF Ke-25 di Bali

Sekda Kabupaten Madiun, Tontro Pahlawanto mengatakan, Kirab Boyongan ini sebagai penghargaan untuk Bupati Madiun (Muhtarom red) yang telah menjabat sepuluh tahun. Kirab ini, sebagai pertanda bahwa masa jabatan Muhtarom sebagai bupati telah habis, sehingga harus meninggalkan rumah dinasnya.

“Kirab Boyongan ini dimulai dari Rudin (Rumah Dinas red) menuju kediaman pribadi Pak Bupati di Dolopo. Ada puluhan kereta kuda yang disiapkan untuk mengantar Mbah Tarom. Beberapa kereta kuda ini bahkan didatangkan langsung dari Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Yogyakarta”, kata Sekda Madiun.

Baca Juga :  Pendistribusian 2000 Paket Beras Sejumlah 10 Ton Bantuan Mabes Polri

Sementara, Kirab Boyongan dilakukan dari Pendopo sampai ke rumah pribadi Muhtarom, dengan jarak tempuh sekitar 19 kilometer. Untuk rutenya diawali dari Pendapa Pemkab Madiun Jl. Alun-alun Utara menuju Jl. Kolonel Marhadi – perempatan Tugu Kota Madiun – Jl. Cokroaminoto – Jl. Musi – Jl. Trunojoyo – Jl. Sukarno Hatta – impang 4 Tean – Jl. Madiun – Ponorogo – Simpang 4 Dolopo -Jl. Adil Makmur, dan berakhir di rumah pribadinya Desa Ketawang, Kec. Dolopo, Madiun. (tim/redk)

 877 total views,  20 views today

Baca Juga :  Amblesnya Jalan Jembatan Jurang Peteng Di Parang, Secara Struktur Masih Aman


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!