Realisasi Pembangunan Talud Jalan, Pemdes Keniten Manfaatkan DD Tahap II TA 2019


ARYA-MEDIA, Ngawi – Pemerintah Desa (Pemdes) Keniten, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, terus berupaya mempercepat penyerapan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN tahap II Tahun Anggaran 2019. Salah satunya adalah, program pembangunan talud jalan yang berlokasi di Dusun Sidomulyo RT.05/RW.04 Desa setempat.

Pembangunan talud jalan tersebut, bersumber dari Dana Desa yang sudah melalui RAPBDes TA 2018 sebesar Rp. 75.937.352.00,-. Masyarakat desa setempat, mulai melaksanakan kegiatan tersebut dengan panjang talud 134 Meter, dan ketinggian 90 cm, serta lebar 30 cm.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Keniten, Puput Puri Suhartanti mengatakan, bahwa pengerjaan talud jalan itu, dilakukan secara swakelola bersama warga setempat. Secara umum pemenuhan material berjalan lancar, namun hanya ada sedikit keterlambatan karena bebarengan dengan pembangunan insfrastruktur di desa lain.

“Warga masyarakat sangat antusias mewujudkan talud jalan ini. Pengerjaannya pun dilakukakn secara gotong royong mulai pagi hingga sore hari,” terang ketua TPK, Jum’at (06/12/2019).

Pelaksanaan Pembangunan Talud Jalan Secara Gotomg royong, di Desa Keniten, Kecamatan Geneng, Kab Ngawi.

Selain itu, pembangunan talud jalan tersebut, menjadi salah satu pengaman badan jalan yang bersinggungan dengan area persawahan milik warga setempat. “Semangat membangun dari warga tentu harus diimbangi dengan kesiapan ketersediaan material bahan bangunan, agar target waktu pengerjaan dapat tercapai tepat waktu,” jelasnya kepada Arya Media.

Sementara itu, Kepala Desa Keniten, Mujiono menjelaskan, prioritas penggunaan dana desa di bidang infrastruktur selalu dimanfaatkan untuk pembangunan desa. Salah satunya adalah, upaya pencegahan tanah longsor dalam menghadapi musim penghujan melalui pembangunan talud serta untuk memperkuat badan jalan, karena berdampingan dengan sawah milik warga.

“Talud jalan ini sebagai salah satu akses jalan warga dan petani. ini merupakan jalan yang sangat penting yang dibutuhkan oleh warga terutama para petani yang memiliki sawah di area tersebut,” ungkap Kepala Desa Keniten, (06/12).

Kades berjanji, dengan terpilihnya kembali menjadi Kepala Desa Kenitn periode 2019-2025, kedepan akan terus meningkatkan pembangunan insfrastruktur desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Dengan selesainya pembangunan ini diharapkan akan mendukung kelancaran mobilitas masyarakat dan selanjutnya akan meningkatkan ekonomi masyarakat. Semoga, kedepan Pemdes Keniten dapat menunjang kegiatan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat, agar desa bisa lebih maju lagi,” pungkasnya. (ren)

 957 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!