google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

Realisasi Usulan Petani, Bidang SDA PUPR Magetan Segera Rehabilitasi Sumur Air Dalam


ARYA-MEDIA | Magetan – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan Jawa Timur, terus melakukan pembangunan dan pembenahan dalam bidang pertanian. Hal itu dibuktikan dengan menggelar Sosialisasi Rehabilitasi Sumur Air Dalam bagi Desa Mojorejo Kecamatan Kawedanan dan Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran, oleh Bidang Sumber Daya Air (SDA) PUPR Magetan, Rabu (4/11/2020).

Acara yang digelar di ruang pertemuan UPTD Bringin Kecamatan Gorang Gareng Magetan, dihadiri langsung Kepala Bidang SDA PUPR Magetan, Yuli K Iswahyudi, ST. MT., dengan didampingi Kasi Penyediaan dan Pengelolaan Air Baku, Ahmad Ulinuha ST., dan HendrosSasongko ST., Kepala UPTD Pusat Pengairan Bringin, serta dihadiri oleh perwakilan dari Kelompok Tani Desa Kuwonharjo dan Mojorejo, dengan didampingi Kepala Desa masing-masing.

“Dalam acara tersbut juga dilakukan audiensi bersama perwakilan petani untuk menampung usulan warga dalam program kedepan. Kita berharap agar para petani segera membentuk HIPPA dalam penanganan irigasi di wilayah masing-masing, supaya bisa tercover secara efisien,” kata Yuli K Iswahyudi, Rabu (4/11).

Dijelaskan Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Magetan, bahwa Rehabilitasi Sumur Air Dalam bagi Desa Kuwonharjo dan Desa Mojorejo dalam rangka penggantian panel pompa dengan menggunakan listrik. “Jadi pompa lama akan diganti dengan listrik, agar lebih efisien. Selain penggunaanya mudah, panel pompa listrik lebih mudah dalam segi perawatan,” ungkapnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan telah menyiapkan anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBN tahun 2020 sebesar Rp 400 juta sebagai pelaksanaan rehabilitasi sumur air dalam pada 2 titik lokasi. “Untuk pelaksanaannya diperkirakan dua minggu lagi, untuk pertitik 200 juta dengan sistem penunjukan langsung,” jelas Yuli K Iswahyudi kepada Arya Media, (4/11).

Sementara itu, Kepala Desa Kuwonharjo Suyitno dan Kepala Desa Mojorejo Darwati mengucapakan terima kasih kepada Dinas PUPR Magetan khususnya bidang SDA, karena telah merealisasi usulan masyarakat dalam peningkatan kebutuhan air untuk para petani yang ada di desanya. “Semoga kedepan, beberapa usulan dari masyarakat yang lain dapat direalisasikan untuk tahun depannya,” pungkasnya. (Ren)

 2,770 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!