Realisasikan Dana DD, Pemdes Gunungan Wujudkan Talud dan Pengaspalan Jalan


ARYA-MEDIA, Magetan – Datangnya bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Kabupaten, Desa Gunungan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan, langsung bergerak cepat dengan merealisasikan anggaran Dana Desa (DD) tahap III Tahun 2019.untuk peningkatan insfrastruktur penyemiran jalan desa dan Tanggul Penahan Tanah (Talud).

Alokasi anggaran dana DD tersebut, tertuang pada jalan di Dusun Mutur sepanjang 410 Meter dengan Lebar 3 Meter. Sedangkan untuk pembangunan Talud di Dusun Gunungan dengan panjang 479 dengan tinggi 1 Meter. Pelaksanaan kegiatan, dilakukan swakelola dengan melibatkan masyarakat Desa setempat.

“Pembangunannya sudah selesai dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan Desa. Jalan dan Talud tersebut merupakan prioritas penting untuk segera dilaksanakan, karna jalan tersebut salah satu jalan penghubung antar Desa. Sehingga, dapat mempermudah masyarakat dalam bertransportasi dengan nyaman,” kata Sukadi, Ketua TPK desa setempat. Sabtu (29/12/2019).

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) menjelaskan, pekerjaan peningkatan jalan dan tanggul penahan tanah ini, menjadi skala proritas sebagai kebutuhan publik. Kegiatan tersebut, sudah sesuai atas usulan dari masyarakat yang di sepakati dalam Musyawarah Desa (MUSDES) dan disepakati oleh Kepala Desa bersama BPD, LPM dan tokoh masyarakat.

“Alhamdulillah jalan desa dan talud sudah selesai dilaksanakan.Untuk Talud, memakan anggaran Rp. 193.131.000,00-, sedangkan Penyemiran jalan dengan anggaran Rp. 48.779.400,00-,. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Desa Gunungan,” jelas Sukadi.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Gunungan, Suroto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja TPK bersama Tim dalam hal kegiatan terkait pembangunan di Desa tersebut. Bantuan Pemerintah melalui program DD dan ADD di Tahun 2019, sudah direalisasikan sesuai dengan kebutuhan Desa. “Terkait pengerjaan, kami serahkan sepenuhnya kepada Tim dengan mengutamakan ketransparan bagi masyarakat publik,” ucapnya, kepada Arya Media, (29/12).

Kades Suroto meminta kepada masyarakat, agar merawat dan menjaga semua insfrastruktur desa agar bermanfaat yang berjangka panjang. Sehingga bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat menjadi lebik baik lagi.

“Terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten, yang telah memberikan bantuan demi kemajuan serta mewujudkan Desa yang inovatif dan kreatif. Kepada semua pihak Muspika Kecamatan Kartoharjo yang telah memonitoring kinerja kami, tak terkecuali dari seluruh pihak terkait serta elemen masyarakat yang turut serta mendukung melancarkan pembangunan di Desa kami,” pungkasnya. (Ren)

 537 total views,  12 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!