Respon Cepat Bupati Magetan Pakai ADM, Mendagri Beri Bantuan Mobil Damkar


ARYA-MEDIA, Magetan – Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang dimiliki Pemkab Magetan, membuat penasaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian, untuk melihat langsung pengoperasian mesin ADM pertama di Indonesia.

Mengetahui hal itu, Mendagri RI optimis layanan untuk masyarakat akan semakin mudah, cepat dan anti pungutan liar (Pungli). Melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, pencetakan Administrasi Kependudukan (Adminduk) kini hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit.

“Mesin ADM ini banyak manfaatnya, melalui mesin tersebut masyarakat tidak akan ketemu petugas, jadi selain cepat, mudah dan pasti tidak ada Pungli,” kata Mendagri saat meninjau langsung mesin ADM di Mal Pelayanan Publik (MPP) Magetan, bertempat di Pasar Baru Magetan (PBM), Jum’at (31/01/2020).

Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Meninjau Langsung Pengoperasian Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), di Mal Pelayanan Publik Magetan.

Dijelaskan Mendagri, dengan adanya Anjungan Dukcapil Mandiri, masyarakat yang sebelumnya mengurus kartu kependudukan harus melalui RT, RW, kelurahan hingga Kecamatan, kini bisa memangkas waktu, jarak, maupun biaya.

“Sekarang dengan memasukkan nomor identitas kependudukan, maka bisa dicetak empat dokumen penting sekaligus yaitu KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, serta kartu kematian. Jadi, dengan mesin ini, semuanya bisa dipercepat,” ujar Tito Karnavian, (31/01).

Selain itu, Mendagri juga menyerahkan hibah bantuan Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kepada Bupati Magetan yang menjadi daerah pertama kali merespon keberadaan ADM di Indonesia.

“Ini sebagai bentuk apresiasi kepada Pemkab Magetan yang telah merespon cepat untuk membeli mesin ADM pertama kali dalam pelayanan publik. Semoga, hal ini bisa mentriger Kabupaten/Kota lain di seluruh Indonesia,” tandasnya.

Diketahui bahwa, Kunjungan Kerja (Kunker) Mendagri di Magetan, untuk melihat langsung pengoperasian mesin ADM yang ditempatkan di MPP Pasar Baru Magetan. Selain itu, Mendagri juga menyerahkan hibah Mobil Pemadam Kebakaran Kepada Bupati Magetan, serta 8 ribu keping material Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang akan didistribusikan ke 18 Kecamatan se- Kabupaten Magetan. (Ren)

 824 total views,  8 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!