Ribuan Warga Blitar Tidak Menerima Dana PKH


Blitar, Arya Media- Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) harus gigit jari, karena program tersebut harus memenuhi beberapa kriteria. PKH merupakan program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), bagi anggota keluarga RTSM diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Sebanyak 2.134 keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) hasil validasi tahap 2 tahun 2016 yang tersebar di 6 Kecamatan, baru bisa mendapatkan dana PKH di akhir tahun 2017 ini. Sedangkan 4 tahap bantuan yang seharunya sudah mereka terima sebesar Rp 1.890.000 / KPM hangus, tidak bisa terealisasikan.

“Di Kabupaten Blitar ada 2 ribu lebih penerima PKH yang tidak bisa menerima dana PKH”, kata Koordinator PKH Kabupaten Blitar, Mahbub Alfarabi, Kamis (14/12/2017).

Mahbub menyampaikan, setelah validasi pada tahun 2016 lalu, pihaknya sudah mengirim data kepada Kementerian Sosial (Kemensos), tetapi data tersebut hilang, sehingga tidak bisa dianggarkan atau disalurkan lagi. Akhirnya dana PKH ini baru bisa disalurkan pada akhir tahun 2017 ini untuk tahap empat sebesar Rp 390 ribu.

“Kita dulu sudah mengajukan ke Kemensos, tapi datanya hilang. Akhirnya mereka baru bisa menerima di tahap 4 ini sebesar Rp 390 ribu”, tandas Mahbub.

Menurut Mahbub, kejadian ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Blitar saja. Namun hampir seluruh wilayah Indonesia karena kesalahan Pemerintah dari Pusat.

“Saat ini kita bersama pihak bank sedang mempersiapkan penyaluran dana dan juga ATM untuk 2.134 KPM”, pungkasnya. (Jarno/Red)

 918 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!