RSUD Genteng Peringati Hari Ginjal Dan Kesehatan Perempuan


Banyuwangi, Arya Media – RSUD Genteng, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Peringati Hari Ginjal dan Hari Perempuan se dunia dengan tema, ”GINJAL DAN KESEHATAN PERENPUAN”, Jum’at 9/3/2018 pagi sekitar pukul 07.00 Wib, di halaman RSUD Genteng. Hadir juga mengikuti senam jasmani dari unsur Forpimka Genteng, Camat Genteng Firman, Kapolsek Genteng Kompol Dwi Jatmiko, Danramil Genteng, Para Kepala Desa, Perangkat Desa se-Kecamatan Genteng, Para Kader dan Ka. UPTD Puskesmas wilayah Kecamatan Genteng.

Sementara, dar Dinas Kesehatan kehadiran Kapela Dinas diwakilkan oleh Waluyo, Kabid SKM Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi. Dalam acara tersebut Panitia juga menyediakan layanan pemeriksaan preventib kepada hadirin, dan talk show oleh para dokter ahli yang ada.

Baca Juga :  Pers Tour Humas Pemkab Magetan, Pelajari Pariwisata Dan Mall Pelayanan Publik Di Banyuwangi

Diawali dengan salam penghormatan dan ucapan terima kasih kepada undangan, dr. Indah Sri Lestari, MM, RS selaku Direktur RSUD Genteng. Menyampaikan bahwa, Betapa pentingnya kesehatan untuk kita semua, Mari kita budayakan hidup sehat. Penyakit Ginjal kronis adalah Kencing Manis dan Hipertensi, untuk itu cara pencegahannya adalah dengan sering melakukan kontrol Kencing Manis dan kontrol Hipertensi, selain itu kalau kita kena Penyakit Gagal Ginjal, maka cara pengobatannya hanya ada dua cara yaitu yang pertama cuci darah, kedua dengan cangkok ginjal. Oleh karena itu betapa pentingnya olahraga, jaga kesehatan dan kontrol secara teratur,” ungkap dr. Indah Sri Lestari selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan.

Baca Juga :  Komunitas Wartawan Se-Ngawi Peringati Hari Pers Nasional Yang Ke-72

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Waluyo juga mengatakan, Kami dalam hali ini atas nama Dinas Kesehatan berharap aktifitas seperti ini dan prilaku hidup sehat kita budayakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena tadi sudah dijelaskan oleh Direktur RSUD bahwa faktor resiko tertinggi adalah Diabet dan Hipertensi, oleh sebab itu pola hidup sehat sangatlah penting, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, dan tak kalah pentingnya kontrol kesehatan sangat perlu dilakukan secara rutin, dan yang tak kalah pentingnya adalah hindarkan rokok. Sukur kalau bisa distop, karena beresiko Diabet, Kadar Gula yang tinggi, dan Hipertensi, karena data yang ada pada kami kasus demi kasus tiap tahun meningkat,” kata Waluyo.

Baca Juga :  Penjaringan Cabup dan Cawabup Ngawi, PDIP Sodorkan 2 Kandidat

Masih dengan Waluyo, Data BPJS menyebutkan bahwa, penanganan Gagal Ginjal membutuhakan pembiayaan pengobatan tinggi kedua setelah penyakit Jantung, oleh sebab itu gunakan kegiatan yang baik ini kemudian ditindak lanjuti ke masyarakat. Kepada para Kader agar supaya membantu mensosialisasikan tentang betapa pentinya pola hidup sehat ini,” papar Waluyo.

Sementara Camat Genteng Firman mewakili jajaran Forpimka dalam sambutannya menyampaikan. Sebenarnya senam anjangsana antar dinas instansi ini sudah kita lakukan secara rutin tiap dua minggu sekali. Ucapan terima kasih disampaikan oleh Camat Genteng yang telah difasilitasi tempat dan pelayanan kesehatan oleh RSUD Genteng,” tutupnya (Rdy35/Ops/Redk).

 671 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!