RSUD Sayidiman Magetan : Berikan Layanan Antar Obat ke Rumah Pasien


ARYA-MEDIA, Magetan – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sayidiman Magetan, terus melakukan inovasi baru dalam melayani pasien rawat jalan. Upaya tersebut untuk menghindari penumpukan antrian dalam pengambilan obat, dengan menerapkan uji coba “Pelayanan Penghantaran Obat bagi Pasien Rawat Jalan” secara gratis selama 3 (tiga) bulan kedepan.

Kepala instalasi Promosi Kesehatan (Promkes) dan Humas RSUD Sayidiman Magetan, Endang Sulistyorini membenarkan adanya layanan antar obat bagi pasien rawat jalan. Lounching masa percobaan dimulai sejak tangal 17 Februari 2020 kemarin.

“Uji coba ini berlaku selama tiga bulan kedepan. Pelayanan prima ini diberikan secara gratis bagi pasien rawat jalan,” ucapnya, Selasa (18/2/2020).

Endang Sulistyorini, Kepala Promkes dan Humas RSUD dr Sayidiman Magetan.

Dijelaskan Endang, menurutnya terobosan pelayanan tersebut dapat memangkas durasi waktu tunggu pasien dalam pengambilan obat, dan bisa diantar samapai ke rumah pasien yang bersangkutan. “Setelah diberikan penjelasan prosedur obat oleh petugas Rumah Sakit, pasien bisa menunggu dirumah masing-masing. Jadi tidak perlu antri di apotik untuk mengambil obat,” terangnya.

Sementara itu, manajemen RSUD Sayidiman Magetan akan bekerjasama dengan PT. Inovasi Teknologi Medis sebagai pihak ketiga untuk layanan antar di lima (5) Kecamatan Kabupaten Magetan. “Untuk sementara, layanan ini hanya mencakup lima kecamatan saja, yaitu Kecamatan Magetan, Ngariboyo, Sukomoro, Panekan dan Bendo,” jelas  Kepala Promkes Humas RSUD Sayidiman Magetan, kepada Arya Media, Selasa (18/2).

Selain itu, pelayanan antar obat tersebut hanya berlaku beberapa jenis obat yakni, obat tersebut pernah digunakan oleh pasien sebelumnya. Obat bukan yang termolabil seperti insulin, supositoria dan lain-lainnya. Dan bukan obat yang termasuk golongan Narkotika dan Psikotropika.

“Pada masa Uji coba ini, untuk sementara dibatasi 50 resep dalam sehari. Setelah masa uji coba selesai, pengguna jasa akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000,-  dalam sekali  antar,” pungkasnya. (Ren)

 1,983 total views,  13 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!