“Sambang Desa” Tampung Aspirasi Masyarakat Cari Solusi Representatif


ARYA-MEDIA, Magetan – Bursa Inovasi Desa yang di kemas dalam acara ‘Sambang Desa’, berlangsung di Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, berlangsung meriah, Kamis (8/8/2019) malam.

Gebrakan kali pertama yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa (DPMD) Kab. Magetan, cukup mendapat perhatian warga Desa setempat. Mulai dari rembug bareng bersama warga, selingan hiburan lokal dari Desa setempat sebgai bursa inovasi desa, menambah suasana ganyeng bedah persoalan yang dialami di Desa tersebut.

“Saya memang menginginkan Sambang Desa itu ada perubahan, tidak hanya formal saja, dengan begini kita bisa mengambil keputusan secara representatif. Jadi semua OPD bisa tahu keluhan warga sekaligus merasakan suasana di Desa tersebut seperti apa,” kata Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si. Kamis (8/8).

Selain itu, Bupati bersama jajaran instansi juga menampung aspirasi masyarkat untuk mencari solusi dalam pemecahan masalah yang ada di wilayah tersebut. “Setelah kita ngobrol dan tanya jawab, kami bisa tahu persoalan dan keluhan dari masyarakat khususnya Dusun Wonomulyo. Dan ini dapat menjadi motivasi bagi OPD terkait untuk mencari solusi jalan keluarnya,” ungkapnya.

Sementara, hal yang sama diucapkan Eko Muryanto, Kepala Dinas Pemberdayàan Masyrakat dan Desa (DPMD) Magetan menjelaskan, Sambang Desa di perbatasan Magetan-Wonogiri tersebut, dilakukan sesuai keinginan Bupati Magetan dengan sajian seremonial tanya jawab untuk menampung aspirasi masyarakat.

“Alhamdillah dengan acara seperti ini, keluhan warga bisa kami ketahui. Contohnya, untuk penanganan masalah jalan Pemkab sudah menyediakan solusinya, dan untuk pembangunan jalan Dusun Wonomulyo sudah dianggarkan. Jadi masalah di Desa ini dapat teratasi,” pungkasnya. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *