Sambut Hari Jadi Magetan ke-344, Bupati Suprawoto Ziarah ke Tujuh Makam Bersejarah


ARYA-MEDIA, Magetan – Menyambut Hari Jadi Kabupaten Magetan yang ke-344, Bupati Magetan bersama rombongan, melakukan ziarah ke tujuh (7) makam bersejarah yang ada di wilayah Magetan, Kamis (3/10/2019).

Salah satunya adalah, makam Eyang Ronggo Galih, yang mana pada zaman dahulu adalah juga sebagai pemimpin wilayah Magetan. Bertempat di Desa Durenan, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Bupati Suprawoto melakukan tabur bunga sebagai tanda penghormatan, dalam rangka nguri-uri tradisi yang ada di Kabupaten Magetan.

Tak hanya itu saja, usai melakukan ziarah ke makam Ronggo Galih, Bupati juga membagikan kreweng kepada anak-anak dan masyarakat, sebagai tradisi adat budaya yang ada di Desa tersebut. Kreweng tersebut, diartikan sebagai alat tukar layaknya uang untuk membeli makanan atau jajanan yang berada di lokasi makam.

“Andum Kreweng istilahnya adalah barter. Sebenarnya, pada zaman dahulu ketika uang belum ada, orang melakukan barter , salah satunya menggunakan kereweng. Waktu itu ada kepingan emas, perak dan yang paling rendah adalah kreweng sebagai alat untuk pembayaran,” tutur Bupati Suprawoto.

Diketahui bahwa, Bupati Magetan bersama jajaran Forkopimda melakukan ziarah ke tujuh (7) Makam yang ada di Kabupaten Magetan. Seperti, makam Eyang Ronggo Galih, Ki Mageti, Yosonegoro, Nrangkusumo, Maduretno, Kertonegoro, dan makam Purwodiningrat. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *