Sambut Tahun 2020, Desa Grabahan Tingkatkan Insfrastruktur Jalan Semi Hotmix


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam menyambut tahun 2020 mendatang, Pemerintah Desa Grabahan, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, melaksanakan peningkatan kualitas jalan di lingkungan desa dari lapen ke semi hotmix.

Menurut Kepala Desa (Kades) Grabahan, Bambang Wahyu Santosa mengatakan, penggunaan aspal semi hotmix pada jalan lingkungan desa, tepatnya di jalan protokol RT.02, dan RT.03, lingkup RW.01, agar lebih awet dan tidak mudah berlubang.

“Selama ini pakai aspal lapis penetrasi mudah rusak, namun dengan aspal semi hotmix, agar kuat dan tidak mudah berlubang,” katanya, Sabtu (29/12/2019), saat memantau pengaspalan semi hotmix bersama Ketua BPD, Ketua LPM, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa setempat.

Bambang menjelaskan, pengaspalan jalan protokol yang memilki panjang 674 meter dengan lebar 5 Meter. Sedangkan pengaspalan di RT.02 memiliki panjang 425 Meter dengan lebar 3 Meter. Keseluruhannya menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap III tahun 2019, dengan sistem pengerjaan secara padat karya yang melibatkan masyarakat desa.

“DD tahap tiga ini, kita alokasikan untuk pengaspalan jalan semi hotmix di dua titik lokasi, dengan anggaran sebesar Rp. 372 Juta,” terang Kepala Desa Grabahan.

Selain melaksanakan pengaspalan jalan dengan aspal semi hotmix, Desa Grabahan juga mengalokasikan beberapa kegiatan pembangunan peningkatan insfrastruktur desa. Dengan pelaksanaan sistem pemberdayaan masyarakat khususnya warga Desa Grabahan.

“Pembangunan infrastruktur ini, Pemdes melibatkan masyarakat desa setempat supaya masyarakat benar-benar menikmati dana desa. Karena itu, partisipasi masyarakat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari program pembangunan maupun pengembangan masyarakat di pedesaan,” pungkasnya. (Ren)

 1,305 total views,  16 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!