Sambut Tahun Baru 2020, Disparbud Magetan Sajikan Ketoprak “Pendekar Gunung Lawu”


ARYA-MEDIA, Magetan – Menyambut pergantian tahun baru 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kab Magetan, menggelar kesenian ketoprak di halaman kantor Kecamatan Panekan, pada Selasa malam (31/12/2019).

Semarak pergantian tahun 2019 menuju 2020, menjadi ajang kemeriahan masyarakat warga Magetan untuk memeriahkannya. Untuk menambah gema pergantian tahun (Gempita) di ujung tahun 2019, sajikan kesenian Ketoprak dengan lakon “Pendekar Gunung Lawu”, mendapat antusias warga sekitar khusunya di wilayah Kecamatan Panekan Magetan.

“Antusias warga benar-benar sangat luar biasa. Dengan adanya Ketoprak ini, dapat memecah titik keramian ratusan warga Magetan untuk merayakan tahun baru, dan tidak berpusat di tengah kota Magetan,” kata Venly Tomi Nicholas, Kepala Disparbud Kabupaten Magetan, Selasa (31/15).

Uniknya, sajian ketoprak tersebut, diperankan oleh semua Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Panekan beserta Camat Panekan, dan dimeriahkan juga oleh beberapa jajaran ASN Disparbud, serta grup Kesenian local Ketoprak Srikandi Budaya sala Magetan.

“Kesenian ini benar-benar menghibur warga Magetan khususnya bagian utara. Kedepan, Disparbud akan lebih mempersiapkan event yang sama tetapi dengan konsep lebih matang dengan tempat yang lebih luas lagi. Sehingga masyarakat Magetan dapat terhibur,” ungkap Venly kepada Arya Media.

Sementara, Suroso (34 tahun) warga Panekan yang ikut menonton ketoprak mengaku sangat senang bisa melihat pertunjukan Ketoprak secara langsung. Pihaknya berharap, kedepan pagelaran kesenian seperti ketoprak ini dapat diadakan secara rutin di sekitar Kecamatan Panekan. Agar para generasi muda tahu bahwa Kesenian Ketoprak masih ada di Magetan.

“Semoga, Pagelaran kesenian seperti ini dapat diadakan secara rutin, jangan hanya pas malam tahun baru saja. Agar para generasi muda tahu bahwa Magetan juga sebagai gudang seniman seniwati Ketoprak yang harus terus dilestarikan,” pungkasnya.

Diberitahukan bahwa, malam pergantian tahun baru 2020, Pemkab Magetan melaui Disparbud Magetan membuat berbagai macam acara hiburan di beberapa titik lokasi, sebagai pemecah konsentrasi masyarakat dalam merayakan malam tahun baru yang berpusat di kota. Diantaranya adalah, Kesenian ketoprak di Panekan, Wayang di Maospati dan Parang, dan acara musik di obyek wisata Sarangan. (Ren)

 1,035 total views,  7 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!