Saweran Peduli Kemanusiaan, Dalang Muda Asal Magetan Gelar Wayang Kulit Virtual


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam rangka peduli seniman di Kabupaten Magetan, di masa pandemi Covid-19, dalang muda asli Parang Kabupaten Magetan, Ki Putut Puji Agusseno, S.Sn. M.Sn menggelar Wayang Kulit Virtual Peduli Kemanusiaan dengan memanfaatkan jejaring internet.

Wayang virtual dengan live streaming you tube tersebut, digelar pada 24 Juni 2020 mendatang, di Desa Purwodadi Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, tanpa ada pengunjung yang mengakibatkan kerumunan masa. Minggu (21/6/2020).

 “Kita adakan pagelaran wayang kulit virtual, yaitu dengan live streaming melalui youtube. Kami pun juga mengadakan donasi saweran melalui rekening untuk membantu para seniman yang terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Magetan,” kata Putut Puji Agusseno, dalang muda asal Kecamatan Parang Magetan, Minggu (21/6).

Dijelaskan dalang Ki Putut, segala perijinan terkait pagelaran wayang virtual tersbut, sudah dilakukannya mulai dari tingkat desa hingga sampai Kecamatan. “Acara ini kita lakukan bersama para donatur. Semoga acara tersebut berajalan dengan lancar Amiin…,” jelas Putut.

Sementara itu, donasi saweran dikumpulkan dengan tujuan untuk membantu para seniman Magetan yang membutuhkan, karena tidak bisa bekerja (Non Job) akibat terdampak pandemi Covid-19. “Hasilnya akan kita sumbangkan kepada para seniman Magetan yang terdampak Covid-19,” tegas Ki Putut.

Diketahui bahwa, masa pandemi Covid-19, semua para seniman beserta para pendukungnya, seperti pengusaha terop dan soundsistem di wilayah Kabupaten Magetan, semuanya berhenti alias tidak ada job karena himbauan Pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) atas larangannya mengadakan pertunjukan.

Kurang lebih selama tiga (3) bulan, para seniman di Magetan tidak bekerja dan sepi job karena tidak ada pertunjukkan yang mengakibatkan sulitanya perekonomian dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. (Ren)  

 7,042 total views,  15 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!