UA-163642268-1

SE Bupati Magetan, Pengunjung Wisata Wajib Validasi Surat Keterangan Rapidtest Antibodi


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Jawa Timur, meningkatkan kewaspadaan adanya kenaikan kasus positif Corona Virus Desiase 2019 (Covid-19), dalam menyambut liburan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Bupati Magetan, menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Magetan. Kamis (24/12/2020).

Sesuai SE Bupati Magetan, Nomor : 479/505/403.204/2020, bahwa menindaklanjuti Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional Nomor 03 Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Magetan menetapkan bahwa, semua pihak baik pengunjung, pengelola, ataupun penyelenggara, kegiatan apapun yang menyebabkan terjadinya kerumunan masa, harus taat dan patuh protokol kesehatan (Prokes) 3M. Yaitu, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan Dengan Sabun Maupun Hansanitaiser, serta hindari kerumunan banyak orang.

Baca Juga :  Rumah Terbakar Haguskan 4 Motor dan Isinya

Salah satu poin dari SE Bupati Magetan juga menjelaskan, bahwa setiap pengunjung yang datang di Kabupaten Magetan, harus memiliki surat keterangan hasil non reaktif dari Rapidtes Antibodi, sebagai persyaratan perjalanan.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Magetan, Joko Trihono mengatakan, bahwa setiap pengunjung obyek wisata Telaga Sarang maupun tempat wisata lainnya di Kabupaten Magetan, bakal menjalani pemeriksaan ketat dari petugas yang ada di spot-spot obyek wisata.

Baca Juga :  Menduduki Posisi ke-4 di Jawa Timur, Dinkes Ngawi Menggelar “Gebyar Cegah Stunting”

“Petugas akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh, validasi surat keterangan Rapitest Antibodi yang berlaku, dan jenis masker yang dipakai (Masker Medis), serta penggunaan masker dengan baik dan benar,” jelas Joko Trihono, Kamis (24/12).

Selain itu, lanjut Joko mengungkapkan bahwa, untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Magetan, Disparbud Magetan melakukan ekstra penjagaan dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga :  Polisi Tetapkan Tersangka Dalam Kecelakaan Maut Di Plaosan Magetan

“Jadi, setiap tempat wisata yang ada di Kabupaten Magetan, harus menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku. Ini berlaku bagi pengunjung maupun pemilik atau pengelola tempat wisata,” tegasnya. (Ren)     

 40,417 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!