Sebanyak 2.085 KPM Terima BST Kelurahan Dinsos Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, yang ditunggu-tunggu oleh warga Kelurahan di wilayah Kabupaten Magetan, akhirnya terealisasi.

Sebanyak 136 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga Kelurahan Tebon dan Kelurahan Mangge Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Jawa Timur, akhirnya menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp. 600 ribu perbulan, dari Dinas Sosial (Dinsos) Magetan, Kamis (06/8/2020).

“Hari ini ada 2 Kelurahan di Kecamatan Barat sudah dicairkan. Jumlah penerima manfaat untuk Kelurahan Tebon sebanyak 64 warga miskin, sedangkan 72 orang lainnya dari Kelurahan Mangge,” Kata Bayu Pasetyo, Kepala Kelurahan Tebon, Kamis (06/8).

Sebelumnya, banyak warga Kelurahan Tebon yang menanyakan Bansos tersebut di kantor Kelurahan setempat. Karena warga desa lainnya sudah menerima Bansos berupa uang tunai bagi warga miskin akibat terdampak Pandemi Covid-19. “Alhamdulillah hari ini sudah terealisasi,” ungkap Bayu kepada Arya-Media.

Disisi lain, Kepala Dinsos Kabupaten Magetan, Yayuk Sri Rahayu mengatakan bahwa, Penyaluran Bantuan Jaring Pengaman Sosial Berupa Bantuan Uang bagi Warga Miskin Kelurahan Dilingkup Pemkab Magetan, akan dilaksanakan pada hari Kamis sampai Jumat, tanggal 6-7 Agustus 2020.

“Ada 2.085 warga Kabupaten Magetan, mendapatkan Bantuan Sosial Tunai yang bersumber dari APBD Magetan. Untuk penyaluranmya dilakukan bertahap yaitu Rp. 600 ribu setiap bulan, selama tiga bulan,” ujar Yayuk Sri Rahayu, Kamis (6/8).

Sementara itu, Dinsos Kabupaten Magetan mengalami keterlambatan dalam penyaluran BST Kelurahan yang seharusnya diberikan bulan Juli s/d September, namun baru terealisasi di bulan Agustus 2020 karena masih dalam proses.

”Memang kemarin seharusnya bulan Juli sudah disalurkan. Namun, karena masih dalam proses, baru awal Agustus ini bisa terealisasi,” jelas Kepala Dinsos Magetan.

Diketahui bahwa, sebanyak Rp. 3,753 Milliar anggaran Biaya Tidak Terduga APBD Magetan, digelontorkan Pemkab untuk Penyaluran Bantuan Jaring Pengaman Sosial Berupa Bantuan Uang bagi Warga Miskin Kelurahan Dilingkup Pemkab Magetan. Bansos tersebut, diberikan kepada 2.085 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga Kabupaten Magetan, untuk mendapatkan uang tunai Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan kedepan. (Ren)

 483 total views,  11 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!