Sedekah Bumi : Acara Bersih Desa Pingkuk Gelar Langen Beksan


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Desa (Pemdes) Pingkuk Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Jawa Timur, menggelar acara rutin tahunan Bersih Desa atau Sedekah Bumi, pada hari Jumat (04/09/2020), sekira pukul 13.00 WIB.

Tradisi adat istiadat desa tersebut, digelar dengan acara Tayuban (Langen beksan) di tempat tertentu yang dianggap oleh penduduk desa setempat sebagai tempat sakral (Punden).

Acara yang digelar untuk memperingati bulan Muharram atau bulan Suro itu, dilakukan Pemdes Pingkuk sebanyak enam (6) setiap tahunnya. Pada situasi pandemi saat ini, kemeriahan acara bersih desa tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Mencuri Motor Tetangga, Pelaku Tertangkap Warga Satu Bulan Kemudian

“Sebelumnya Pemerintah Desa juga sudah melaksanakan kegiatan bersih desa atau sedekah bumi di 5 dukuh dan tempat keramat atau punden. Kali ini merupakan acara keenam kalinya sebagai acara puncak,” kata Ajis Santoso, Kepala Desa (Kades) Pingkuk, Kec Bendo, Kab Magetan, Jumat (4/9).

Selain itu, acara bersih desa yang di selenggarakan di Dusun Bandar, Desa Pingkuk tersebut juga menyelenggarakan adanya pagelaran tayuban, sebagai tradisi untuk melestarikan kebudayaan dalam mengenang leluhur cikal bakal Desa Pingkuk.

Baca Juga :  Banyak Pelaksana Proyek Mengabaikan SOP, Membuat Ketua DPRD Geram Bakal Lakukan Sidak

“Bersih desa ini bertujuan melestarikan kebudayaan, sekaligus mengenang leluhur kami yang jatuh pada hari jum’at kliwon, yang merupakan kebudayaan turun temurun yang harus kita lestarikan,” terangnya.

Sementara itu, pagelaran kesenian tayub yang dilakukan Desa Pingkuk, merupakan wujud syukur kepada Tuhan dengan harapan agar kehidupan warga masyarakat selalu diberi kententraman guyub rukun dan lebih maju. “Kami berharap dengan kegiatan bersih desa ini warga dan masyarakat selalu diberi kesehatan, kecukupan rejeki, serta ayem tentrem,” pungkasnya. (Ren)

 1,352 total views,  20 views today

Baca Juga :  Festival Gumelaring Kadipaten Purwodadi Ke-V, Dihadiri Bupati & Wakil Bupati Magetan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!