“Sedekah Bumi” Menjadi Tradisi Desa Klagen Gambiran Nguri Uri Budaya Lokal


ARYA-MEDIA, Magetan – Memperingati berdirinya suatu wilayah perdesaan, Pemerintah Desa (Pemdes) Klagen Gabiran, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, menggelar acara Bersih Desa atau ‘Sedekah Bumi’ dengan menyajikan hiburan Langen Beksan (Gambyongan), Minggu (8/9/2019).

Kegiatan Bersih Desa (Sedekah Bumi) yang dilakukan Desa Klagen Gambiran, merupakan kegiatan sakral yang rutin dilakukan tiap tahunnya. Tujuannya untuk mendo’akan para leluhur dengan melakukan selamatan di tempat-tempat tertentu (Punden) dengan Tokoh Masyarakat bersama warga masyarakat Desa Klagen Gambiran.

Bersih Desa Klagen Gambiran ini, dilakukan warga sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayah yang telah diberikan selama ini. Desa Klagen Gambiran mempunyai dua (2) Punden (tempat yang disebut warga sebagai tempat sakral), punden Dermasari dan punden Pesanggrahan. Dan Eyang Dermasari adalah sebagai pendiri wilayah Desa Klagen Gambiran, yang berada di Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Kepala Desa Klagen Gambiran mengatakan, dalam rangka mengenang jasa para leluhur, pelaksanaan Sedekah Bumi Desa Klagen Gambiran dilaksanakan tiap tahunnya pada saat bulan Muharram (suro) tiba. Dan itu juga dilakukan secara turun temurun sejak jaman dahulu.

“Tujuannya adalah untuk mengenang jasa jasa para leluhur, serta menjauhkan segala macam bala, agar Desa Klagen Gambiran menjadi gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo,” tutur H. Sunarno, Kepala Desa Klagen Gambiran, (8/9).

Selain itu, lanjut Kades Kalgen Gambiran menjelaskan, kegiatan Bersih Desa adalah sebagai wujud masyarakat yang senantiasa nguri nguri adat istiadat dan budaya lokal. Karena sedekah bumi merupakan adat yang tidak bisa ditinggalkan, justru harus dipertahankan dan dilestarikan.

“Dengan dilakukannya Bersih Desa atau Sedekah Bumi ini, semoga menjadikan masyarakat Desa Klagen Gambiran bertambah maju, guyub rukun, aman dan sejahtera,” jelasnya. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *