Sedekah Bumi : Pembinaan Kesenian Dan Sosial Budaya Desa Patihan


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam rangka menyambut 17 Agustus 1945, banyak masyarakat memiliki keunikan khususnya Pemerintahan Desa (Pemdes) yaitu melakukan ritual atau slamatan Desa. Semua itu untuk menghormati para leluhur yang telah menciptakan suatu daerah atau wilayah yang disebut Desa. Maka dari itu Desa Patihan, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, menggelar acara Sedekah Bumi atau Bersih Desa, Rabu, (25/7/2018).

Sedekah Bumi atau Bersih Desa Patihan, dengan menggelar Kegiatan Pembinaan Kesenian Dan Sosial Budaya Masyarakat (PHBN/PHBI) di dua Punden yaitu tempat yang disakralkan bagi warga Patihan. Yang pertama, Dukun Pethik dan Dukuh Donowangsan, Desa Patihan, dengan hiburan “ketek ogleng” (monyet red). Dan kegiatan kedua, Dukuh Plempoh dan Dukuh Krajan, Desa Patihan, dengan hiburan gambyongan.

Antusias warga terlihat dari kedua lokasi punden, dan lokasi tersebut diserbu ratusan warga, mulai dari warga Desa Patihan sendiri, dan juga tetangga Desa lainnya. Mereka rela berdesak-desakan hanya untuk melihat prosesi sakral Sedekah Bumi, dan menikmati hiburan yang disuguhkan pihak Desa.

Da’im selaku Kepala Desa Patihan mengatakan pada Arya-Media, dalam rangka menyambut kemerdekaan Republik Indonesia, Desa Patihan melakukan kegiatan rutin tahunan yaitu Sedekah Bumi atau Bersih Desa. Untuk tempatnya selalu diadakan pada dua tempat Punden Desa yaitu Punden Donowangsa dan Punden Plempoh.

“Bersih Desa ini, dalam arti menguri-nguri babat alas Desa, yaitu ngirim do’a kepada para leluhur yang sudah babat Desa (cikalbakal desa). Harapannya semoga selalu diberi perlindungan oleh Allah SWT, mendapatkan berkah, barokah demi terciptanya masyarakat yang guyub rukun, gotong royong, aman dan makmur, serta kesejahteraan masyarakat, khususnya Desa Patihan”, tutur Kepala Desa.

Diketahui, hadir dalam acara Bersih Desa Patihan yaitu Camat Karangrejo, Kodim Karangrejo, Kapolsek Karangrejo, Babinkamtibnas, Kepala Desa Patihan beserta Perangkatnya, BPD dan Undangan. (ren/redk)

 833 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!