Sendang Umbul Dipercaya Sarana Meditasi



Magetan, Arya Media – Desa Sumber Rejo, Kecamatan Maospati kabupaten Magetan, mempunyai potensi wisata tersembunyi, menjadi ramai akhir-akhir ini. Pasalnya, belum lama ini Tim Arya Media saat melakukan investigasi bersama warga setempat, sempat mengetahui  sumber air yang mampu keluar sendiri ke permukaan tanah tanpa harus dipompa.

Tidak jauh dari sumber tersebut ada sendang umbul yang konon dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit seperti, gatal – gatal dan penyakit kulit lainnya, bahkan ada yang percaya mampu menyembuhkan sakit reumatik dan sakit tulang, dan dipercayai sebagian oleh warga setempat apabila mau berdoa dan mandi kungkum akan dikabulkan cita-citanya, mitosnya”

Sutikno, salah satu pengunjung dari luar daerah telah membuktikan sendiri dengan kungkum (berendam) beberapa kali. Laki-laki usia 40-an tahun itu mengaku, sebelumnya dirinya mengalami sakit tulang dan persendian.

Baca Juga :  Pemkab Akan Tindak Sesuai Ketentuan, Bupati Magetan : Perbuatan Sekdes Banjarejo Sangat Disayangkan

Setelah saya sering kumkum disendang umbul beberapa kali, sekarang saya sudah merasa enak tulang dan persendian saya sudah tidak linu-linu lagi ungkapnya polos.

Fenomenal Sendang Umbul yang berada di tengah persawahan itu sebenarnya sudah ada sejak lama, dan konon sejarahnya berentetan dengan riwayat sendang drajat yang berada dipuncak gunung lawu, dan menjadi cikal bakal nama Desa Sumber Rejo yang sebelumnya bernama Desa Kutu.

Baca Juga :  Sebanyak 366 CPNS, Terima SK Bupati dan Resmi Sebagai Abdi Negara

Tidak sedikit orang mengunjungi dan mencoba mandi kungkum atau hanya sekedar melihat-lihat. Dengan pemandangan suasana persawahan yang asri dan adem membuat betah pengunjung.

Sementara itu tidak jauh dari lokasi Sendang Umbul, terdapat Embung Air (waduk kecil) peninggalan jaman Belanda, yang berfungsi untuk pengairan lahan pertanian. Oleh warga sekitar, embung tersebut juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata pemancingan.

Menurut Suprianto, Kepala Desa Sumber Rejo, dengan adanya sumber air ini masyarakat khususnya petani sangat diuntungkan. Air ini bisa menyuplai kebutuhan pengairan para petani.

“Kami berharap adanya perhatian dari Pemerintah Daerah, syukur-syukur ada investor yang mau membangun area ini. Sebenarnya tempat ini bisa menjadi potensi Desa Wisata yang tak kalah menarik dengan tempat lain,” terang Suprianto pada Arya Media.

Baca Juga :  Pondasi Rumah Ambrol, Anak Umur 6 Tahun Selamat Dan 2 Nyawa Melayang

Masih menurut Kades, setiap bulan Suro di Sendang Umbul itu dikeramatkan oleh warga, dan selalu diadakan pagelaran Wayang Kulit sebagai bentuk nguri-nguri budaya Jawa, ungkapnya, Rabu (03/01/2018).

“Alhamdulillah, kebiasaan masyarakat sini masih melestarikan syukuran di area sendang. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk puji syukur kita pada Tuhan yang telah melimpahkan sumber air untuk pertanian warga Desa Sumber Rejo,” jelas Suprianto.

Reporter : Ulfa
Editor : Porto Foli

 4,145 total views,  82 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!