google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

Siapkan 25 Kios, Bangun Desa Sebagai Kawasan Ekonomi Mandiri


ARYA MEDIA | MAGETAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Rejomulyo, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, bakal mengembangkan sektor Ekonomi Pertanian untuk membangun desa pada tahun 2021.

Kepala Desa (Kades) Aris Purwanto mengatakan, jika program unggulan Desa Rejomulyo tahun 2021, akan membangun pertokoan di lahan tanah khas desa (Bengkok) untuk menjadikan kawasan perekonomian.

“Kami merencanakan pembangunan pertokoan, yang nanti menjadi kawasan ekonomi. Untuk letaknya akan dibangun di tanah milik desa,” kata Aris, Senin (25/01/2021).

Baca Juga :  Satgas TMMD Ke-104 Selalu Berbaris Terpimpin dan Bernyanyi Saat Mulai Beraksi

Menurut pengakuan Aris menuturkan, saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) juga sudah berkonsultasi dengan Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabpaten Magetan untuk mengurus asetnya. Hal tersebut dilakukan, sebagai upaya mendapatkan kejelasan dari hak guna pakai tanah khas desa.

“Pembangunannya dimulai perkiraan bulan Juli atau Agustus, setelah selesai musim tanam yang kedua dan akan ada sekitar 25 kios yang akan didirikan,” jelas Kepala Desa Rejomulyo.

Baca Juga :  Bupati Sumenep, Lantik 225 Pejabat di Pendopo Agung Keraton

Dijelaskan Aris, rencana pembangunan kios tersebut nantinya akan dibangun bertahap, sesuai dengan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) 3 tahunan. “Kedepan, kawasan tersebut dipasrahkan ke BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), untuk mengelola kawasan tersebut”, pungkasnya. (Bgs/Redk)

 1,180 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!