Siapkan Calon Tersangka, Kasus Dugaan Korupsi Baleasri Tunggu Hasil BPKP Jatim


ARYA-MEDIA, Magetan – Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan, bakal mengusut tuntas terkait kasus dugaan Korupsi Dana Desa Baleasri tahun 2017-2018. Kejari Magetan masih menunggu hasil perhitungan resmi dari Badan Pemeriksaan Keuangan Provinsi (BPKP) Jawa Timur.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Magetan, Agus Zaeni mengatakan, sebenarnya pihak BPKP Jawa Timur akan berkunjung ke Kabupaten Magetan untuk melakukan klarifikasi kepada beberapa saksi terkait adanya dugaan penyelewengan Dana Desa Baleasri. Namun, karena saat ini masih suasana Covid-19, kegiatan tersebut di tunda.

“Selama ini kita masih menunggu hasil dari BPK untuk melakukan penghitungan. Mungkin nanti setelah Covid, rencana beliaunya akan datang ke Magetan untuk klarifikasi kepada para saksi,” ungkapnya, Senin (11/5/2020).

Dijelaskan Agus Zaeni, Kejari Magetan sudah dilakukan perhitungan dan ditelaah, dan hasilnya sudah dikantongi Kejari Magetan. “Untuk hasilnya masih dirahasiakan kepada kita.” Jelasnya.

Selain itu, Kejari Magetan juga sudah mengusulkan kepada BPKP Jawa Timur, untuk membawa beberapa saksi ke Surabya. Namun, pihak BPKP menolaknya. “Dengan adanya Physical Distancing, pihak BPKP Jatim keberan untuk mendatangkan saksi ke Surabaya,” ujar Kasi Pidsus Kejari Magetan

Kasi Pidsus Agus Zaeni juga membeberkan, pihaknya sudah mengantongi satu nama sebagai calon tersangka koruptor Dana Desa Baleasri. “Setelah hasilnya keluar, maka kita akan menaikkan status tersangka. Untuk sementara masih ada 1 nama calon tersangka. Kita tunggu saja hasil dari BPKP Surabaya,” tegasnya.

Diketahui bahwa, Kejari Magetan terus berupaya membongkar dugaan praktek Korupsi Dana Desa Baleasri tahun 2017-2018. Dalam kasus tersebut, penyidik menemukan penyimpangan anggaran Dana Desa melalui beberapa proyek siluman dan pengadaan ATK fiktif..Hingga sampai saat ini, kasus tersebut terus menggelinding sampai ke BPKP Jatim, untuk menentukan  kerugian Negara akibat dugaan korupsi tersebut. (Ren)

 14,645 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!