UA-163642268-1

Siapkan Sanksi, Pemkab Magetan Sidak 23 Tambang Galian Yang Tersebar Di Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Magetan, bekerjasama dengan Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan dan Dinas instansi terkait lainnya, melakukan Iinspeksi Mendadak (Sidak) di beberapa lokasi pertambangan yang ada di wilayah Magetan, Senin (18/2/2019).

“Sebanyak 23 lokasi tambang galian di Kabupaten Magetan dinilai tidak mentaati aturan-aturan yang sudah ditentukan, dan beberapa diantaranya diduga tidak memiliki ijin,” ucap Saif Muhklissun, Kepala DLH Kab. Magetan.

Baca Juga :  Puluhan Peserta Upacara HUT Magetan Ke-343 Tumbang Karena Dehidrasi

Muhklis menjelaskan, upaya penertibkan tambang kali ini, juga berlaku bagi penambang yang sudah berijin dengan ketentuan reklamasi dan komitmen dalam menjaga kelestarian alam. “Sesuai arahan Bupati, kami akan melihat dari sisi kerusakan lingkungan dan perlakuan pasca penambangan, serta kerusakan infrastruktur dan pajaknya,” tegasnya (18/2).

Disisi lain, Mitro Wibowo selaku Kasi Pengaduan dan Penegaan Hukum Lingkungan (PPHL) Dinas Lingkungan Hidup Magetan mengatakan, mulai hari ini (18/2) DLH bekerjasama dengan semua jajaran samping telah memulai sidak di beberapa lokasi tambang. Dan hasilnya ditemuakan tambang yang tidak mematuhi kaidah-kaidah penambangan yang benar sehingga membahayakan.

Baca Juga :  MPP Bakal Buka Kembali, Siap Hadapi Era “New Normal”

“Hari ini kita baru datangi dua tempat, yaitu di Sendang Agung ternyata bukan tambang. Dan tambang galian di Desa Dadi itu membahayakan, penambangannya tidak teras siring,” terangnya.

Mitro juga menjelaskan, sidak yang dilakukan di beberapa lokasi galian tambang tersebut, selain melanggar aturan, juga tidak melakukan pelaporan setiap 6 bulan sekali kepada DLH. “Kita akan evaluasi semuanya, karena beberapa diantaranya juga tidak melaporkan kegiatanya setiap 6 bulan sekali kepada DLH,” terang Mitro, (18/2).

Baca Juga :  Penderita AIDS Terus Meningkat, Dinkes Magetan Lakukan Pencegahan Deteksi Dini

Lanjut Mitro, pihaknya akan melakukan pendataan secara teliti dari 23 tambang tersebut, dan hasilnya akan disampaikan kepada Bupati Magetan. “Hasil evaluasi semua tambang akan kita laporkan kepada Pak Bupati, terkait sanksi apa bagi tambang yang tidak mematuhi, kita serahkan kepada Bupati,” pungkasnya. (ren)

 715 total views,  10 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!