Sidang Paripurna : LPJ Pelaksanaan APBD Magetan 2019, Sumbang SILPA 238 Miliar


ARYA-MEDIA, Magetan – Dewa Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan, mengadakan sidang paripurna terbatas, baik secara virtual dan lansung di gedung DPRD Kabupaten Magetan, Selasa (14/7/2020).

Dalam paripurna tersebut, dibahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Magetan Tahun Anggaran 2019, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Sidang yang diikuti para Legeslatif dan eksekutif Pemkab Magetan, didapatkan hasil Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) sebesar Rp. 238 Miliiar dari anggaran Kabupaten Magetan 2019. Hal itu dicermati Ketua DPRD Kabupaten Sujatno, selaku dewan pengawas kinerja dari Pemkab Magetan untuk dilakukan evaluasi.

“Akan kami cari tau asal usul Silva tersebut. Selanjutnya akan kita cermati apa penyebab dan kendalanya, sehingga ada SILPA segitu besarnya,” kata Sujatno, Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Selasa (14/7).

Dijelaskan Ketua DPRD Magetan, setelah dilakukan pembahasan LPj Pelaksanaan APBD Tahun 2019, pihaknya akan melakukan penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Nota Penjelasan Bupati terkait Raperda LPJ Pelaksanaan APBD 2019.

“Kita akan bahas nanti bersama Tim anggaran Pemda untuk menindak lanjuti LPJ APBD Bupati Magetan tahun 2019,” jelas Sujatno. 

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto menjelaskan terkait adanya SILPA dari APBD Kabupaten Magetan tahun 2019. Menurutnya, banyak sebab yang membuat terjadinya SILPA pada setiap tahun anggaran.

“Suka tidak suka anggaran kita masih ada SILPA. Hal itu disebabkan banyaknya proyek gagal lelang, namun serapan kita juga cukup tinggi,” ungkap Suprawoto, Bupati Magetan, (14/7).

Selain itu, banyak sebab terjadinya penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang disebabkan adanya pandemic Covid-19. “Masa pandemi Covid-19 saat ini, PAD kita juga menurun. Itu dikarenakan kondisi saat ini tidak normal, dan pastinya ada hikmah dibalik kejadian ini,” pungkas Bupati Magetan. (Ren)

 474 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!