Sinergi Disdukcapil Bersama KUA Dalam Pembuatan Akta Nikah Online


ARYA-MEDIA, Ngawi – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ngawi, menggelar sosialisasi pelayananan masyarkat bersama Kantor Urusan agama (KUA) atau Departemen Agama (DEPAG). Agenda tersebut, yang dilakukan dalam tiga bulan sekali tersebut, untuk membahas tentang pembahasan Akte Nikah. Bertempat di gedung Hokky di Jl. Ir. Soekarno, kelurahan Beran, Kabupaten Ngawi, Selasa siang (19/11/2019).

Seiring dengan mobilitas yang semakin tinggi, khususnya masyarakat Ngawi, maka pelayanan pada masyarakat harus ditingkatkan, bahkan diperlukan inovasi.

“KUA sebagai ujung tombak pelayanan pada Kementerian Agama, maka perlu melakukan terobosan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terkait dengan hal itu, Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sepakat melakukan kerjasama Akte Nikah,” kata Sugeng, Kepala Disdukcapil Kabupaten Ngawi, (19/11).

Disamping itu, kalau mencari KK dan akte, harus dilampirkan surat nikah. Maka, supaya mudah, harus disikronkan untuk untuk kerjasama dengan KUA, supaya masyarakat tidak bingung. “Yang jelas, acuannya adalah pada data yang dikelola Disdukcapil, yang akan menjadi acuan kita menganut teknologi online,” jelas Sugeng.

Selain itu, proses pengiriman data dari KUA ke Disdukcapil cukup dilakukan melalui online, sehingga lebih cepat. “Pengiriman data melalui online, untuk memudahkan masyarakat jagan sampai dipersulit, harus dilayani baik, dengan menyenangkan dan gratis,” pungkanya. (Endik)

 526 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!