Sosialisasi Kadarkum Di Desa Bendo, Jadikan Masyarakat Tahu Hukum


ARYA-MEDIA, Magetan – Desa Pingkuk, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan telah kedatangan tamu dari Setdakab Magetan Bagian Hukum, untuk sosialisasi KADARKUM (Keluarga Sadar Hukum) kepada masyarakat terkait pembinaan kesadaran hukum bagi warga yang ada di wilayah Magetan, Selasa (4/9/2018).

Kadarkum adalah wadah yang berfungsi pembinaan kepada warga masyarakat yang dengan kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya. Pembentukan kadarkum dilakukan di Pusat, Provinsi, dan di Kabupaten/Kota. Selain pembentukan Kadarkum tersebut juga dibentuk Desa/Kelurahan akan sadar hukum, dimana pembinaannya dilakukan secara berencana, terpadu dan berkelanjutan oleh Pembina Kadarkum.

Narasumber Kasubag Hukum AKP. Pujianto dari Polres Magetan menjelaskan bahwa kesadaran hukum itu wajib dimiliki bagi warga masyarakat, sebagai bentuk kemauan atas kesadaran hukum bagi dirinya sendiri. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui atau tidak sadar apa yang dilakukannya merupakan pelanggaran hukum, maka dari itu Kadarkum perlu disosialisasikan agar masyarakat tahu dan mengerti hukum-hukum yang berlaku. Ada beberapa hal yang perlu disampaikan sebagai bentuk pembinaan pada masyarakat, seperti pelanggaran lalulintas, pungli dan narkoba”, terangnya kepada warga.

Baca Juga :  DPMD Magetan : Terapkan Sistem Online Penyerapan Anggaran Dana Desa

Kepala Desa Pingkuk Ajis Santoso mengatakan, ini merupakan agenda dari Setdakab Magetan sebagai bentuk sosialisasi Kadarkum kepada warga Desa agar dapatnya mengetahui hukum-hukum yang ada, yaitu sebagai pembinaan kepada masyarakat agar lebih mengerti arti dan proses hukum sesuai undang-undang yang berlaku.

“Pembinaan ini dilakukan langsung oleh Setdakab Magetan dengan narasumber dari Polres Magetan sebagai pemberi materi. Minimal masyarakat tahu dan mengerti arti hukum. Semoga dengan adanya ini, dapat bermanfaat bagi warga masyarakat khususnya Desa Pingkuk dalam kehidupan sehari-hari”, ungkapnya.

Baca Juga :  Desa Ngampel Jadi Sasaran Program P3TGAI Dalam Peningkatan Saluran Irigasi

Saat dikonfirmasi Kabag Hukum Setdakab Magetan Suci Lestari S.H menjelaskan tujuan diadakannya Kadarkum bagi masyarakat yaitu, mensosialisasikan hukum kepada warga masyarakat seperti pungli, lalin, dan narkoba. Kadarkum tahun ini lebih banyak daripada tahun kemarin, dan penentuan Desa sesuai yang ditunjuk pihak Kecamatan masing-masing

“Sebenarnya sasarannya adalah seluruh Desa, karena terkendala pada anggaran akhirnya hanya tercover 12 Desa yang sudah ditentukan pihak kecamatan. Untuk tema kali ini adalah terkait tentang pungli, pelanggaran laulintas dan narkoba”, ucap Suci Lestari kepada Arya-Media (4/9).

Baca Juga :  2 Orang Dinyatakan Sembuh, Pasien Covid-19 Magetan Bertambah 1 Orang

Hadir dalam undangan, Kasat Narkoba Polres Magetan yang mewakili, Seluruh anggota pembinaan Kadarkum Setdakab beserta narasumber dari Polres Magetan, Camat Bendo, Kepala Desa Pingkuk beserta seluruh perangkatnya, Toga dan Tomas, serta masyarakat Desa setempat. (ren/redk)

 1,142 total views,  10 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!