Sosialisasi P4GN, Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba


ARYA-MEDIA, Bojonegoro – Selain melakukan berbagai upaya dalam pencegahan sebaran coronavirus disease 2019 atau covid-19, upaya lain yang tak kalah pentingnya adalah pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Hal itu dilakukan Kodim 0813/Bojonegoro, Jawa Timur, dengan menggelar sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN). Kegiatan yang digelar di Gedung Ahmad Yani Makodim 0813 tersebut, diikuti seluruh jajaran TNI dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kodim Bojonegoro. Kamis (16/7/2020).

Pasi Intel Kodim Bojonegoro mengatakan, sosialisasi P4GN ini sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan narkoba, khususnya dilingkungan anggota Kodim dan keluarganya, serta sebagai sarana menambah wawasan tentang bahaya narkoba.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh anggota beserta keluarganya, agar selalu berhati-hati jangan sampai mendekati, apalagi menggunakan serta mengedarkan barang haram tersebut. Karena sangsinya sangat berat, selain hukuman penjara juga akan dilakukan pemecatan.

“Bagi anggota TNI yang terbukti terlibat penyalahgunaan narkoba, selain hukuman penjara, juga akan dilakukan proses pemecatan,” ungkap Kapten Inf Suko Maulono, Kamis (16/7).

Disisi lain, Kaur Bin Ops Sat Reserse Narkoba (KBO) Polres Bojonegoro, Ipda Fadil menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi terhadap Kodim atas terselengaranya sosialisasi. Dia menjelaskan, narkoba merupakan musuh kita bersama. Untuk itu, pihaknya mengajak untuk bersama-sama mengibarkan bendera perang terhadap narkoba.

“Kepedulian warga untuk melapor adanya tindak pidana penyalahgunaan narkoba masih sangat kecil. Sehingga dibutuhkan kerjasama, dan kepedulian bersama dalam penanganan peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 seperti penggunaan masker, jaga jarak aman atau physical distancing, pemeriksaan suhu badan serta cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer.

Sebagai informasi, dalam pemeriksaan urine terhadap anggota Kodim, seluruh personel TNI dan ASN Kodim Bojonegoro dinyatakan negatif. (Pen/Redk)

 196 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!