Sosialisasi Rehabilitasi Jaringan Irigasi Desa Janggan Sebagai Penunjang Peningkatan Produksi Padi


ARYA-MEDIA, Magetan – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, secara getol melakukan sosialisasi rencana pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi dibeberapa titik lokasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Magetan. Salah satunya adalah, Rehabilitasi Jaringan Irigasi Janggan di Sesa Janggan.

Bertempat di pendopo Desa Janggan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Jawa timur, melalui bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Magetan, menjelaskan kepada masyarakat terkait program perbaikan irigasi yang akan dibangun di desa tersebut. Selasa (3/3/2020).

Kepala Bidang (Kabid) SDA dari Dinas PUPR Magetan, Yuli K Iswahyudi menjelaskan, pembangunan Rehabilitasi Jaringan Irigasi di Desa Janggan Kecamatan Poncol, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 sebesar Rp 400 juta, sebagai normalisasi saluran air untuk lahan pertanian yang berada di Desa janggan.

“Rehabilitasi pembngunan Jaringan Irigasi di Desa Janggan, menggunakan anggaran DAK tahun 2020 sebesar Rp 400 juta,” katanya, Selasa (3/3).

Dijelaskan Kabid SDA PUPR Magetan, bahwa Rehabilitasi Jaringan Irigasi di Desa Janggan adalah sebagai penunjang program peningkatan produksi padi di daerah setempat. Dengan Rbehabilitasi Jaringan Irigasi tersebut, diharapkan mampu memberikan kontribusi air pada perluasan coverage area tanaman padi milik warga masyarakat Magetan.

“Selain itu, perlu adanya peningkatan dalam penyediaan dan pengelolaan air irigasi yaitu bagaimana pengelolahannya, pemanfaatannya, serta pemeliharaan jaringan irigasi itu berjalan secara berkelanjutan. Tentunya harus ditujang denga HIPA yang ada di tiap-tiap desa,” jelas Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten magetan.

Disisi lain, pada tahun 2020 ini, Dinas PUPR bidang SDA Kabupaten Magetan, akan melakukan pembangunan rehabilitasi jarigan irigasi, di enam (6) titik lokasi diantaranya adalah, rehabilitasi jaringan Ngrampu, irigasi Dukun, irigasi Janggan, irigasi Gonggang, Irigasi Sukun, dan irigasi Ngerong.

“Untuk tahun ini, ada 6 titik jaringan irigasi yang akan diperbaiki, yakni di Desa Ngrampu, Nitikan, Janggan, Suren, Sukun, dan Kidul Ngerong,” pungkasnya. (Ren)

 1,057 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!