Sosialisasikan Program PIS-PK, Desa Banjarsari Prioritaskan Pembinaan Masyarakat


ARYA-MEDIA, Ngawi – Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Padas besinergi dengan pemerintah Desa Banjaransari, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Melaksanakan Sosialisasi Keluarga Sehat menindaklanjuti kegiatan Surve Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.02.02/Menkes/221/2016 tentang Pembina, Pendamping dan Koordinator serta Pendukung , bertempat di Aula Desa Banjaransari . Selasa (02/10/2018).

Menurut Retno , Tim surve Puskesmas Padas , “Kegiatan ini hanya membahas Keluarga sehat, mendasar surve yang di lakukan tim UPT Puskesmas Padas dan Dinas Kesehatan Ngawi. Acara sosialisasi keluarga sehat, merupakan rangkaian safari di semua Desa se-kecamatan Padas, untuk mengaungkan pentingnya hidup sehat dan meminimalisir kesehatan masyarakat yang belum di deteksi dan terdata oleh Pemerintah Desa dan Dinas Kesehatan”, jelasnya.

Baca Juga :  Klaim BPJS Sebesar 21 Milliar Belum Cair, Jadi Ganjalan RSUD dr. Sayidiman Magetan

Dari hasil 12 idikator surve di 4 dusun , Tim Keluarga Sehat di wilayah Desa Banjaransari terdeteksi dan terdata berjumlah 11 orang yang mengidap penyakit jiwa, dan yang belum mendapat penanganan rutin medis, TBC, Jambanisasi yang menunjukan prosentase minim, bahaya merokok untuk kesehatan, serta mendeteksi warga pengidap penyakit HIV . “Alhamdullillah untuk HIV Desa Banjaransari menunjuk-kan 0 persen atau nihil“, Ungkap Retno.

Dalam sosialisasi tersebut Kepala Puskesmas Padas Dr.Ria Nuraini, memberikan pengarahan yang bertujuan untuk melakukan menerapkan pendekatan sekaligus pendataan keluarga untuk mencapai Indonesia yang lebih sehat.

Baca Juga :  Hasil Rapid Tes Reaktif, Seorang Wartawan Jalani Isolasi Protokol Covid-19

”Intinya hanya Mengarahkan kepada petugas surve untuk mendetiksi keluarga sehat dengan menggandeng pemerintahan Desa yang ada di Wilayah kerja Puskesmas Padas ini,” Terang Dr Ria bersama Retno (Penyuluh Kesehat) dan Yuyun ( Bidan Desa ) Dalam keterangan Pers-Nya pada Awak Media.

Di laksananya program PIS-PK secara perdana di Kecamatan Padas, Agus Widodo , Kepala Desa Banjaransari mengatakan, “Kegiatan ini sama dengan kegiatan Desa dalam bidang pembinaan masyarakat Desa, yaitu untuk menumbuhkan warga Desa lebih memahami pola hidup sehat berbasis pendekatan keluarga”, kata Kades.

Baca Juga :  Belum Kantongi Ijin, Satpol PP Biarkan "Blitar Park" Beroperasi

Dari hasil monitoring yang di lakukan Tim PIS-PK Puskesmas Padas dan Dinkes Ngawi, Agus Widodo juga mengatakan, “Dari hasil surve tersebut, tentunya sangat membantu pemerintah Desa dalam menfokuskan prioritas pembinaan masyarakat Desa yang telah di anggarkan ADD tahun 2018 sebesar Rp 16.900.000, sebagai targed untuk menjadi Desa Sehat se-Kecamatan Padas”, pungkasnya.

Diketahui, Acara Sosialisasi Keluarga Sehat tersebut dihadiri oleh semua perangkat Desa Banjaransari, Kasun terdiri dari 24 RT dan 4 RW, serta 35 anggota Kader Posyandu yang ada di Desa Banjarsari, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. (bb/ops/redk)

 1,713 total views,  49 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!