Sudah Disepakati, DPRD Magetan Tanyakan Perda Retribusi Kebun Refugia dan Taman Buah


ARYA-MEDIA, Magetan – Munculnya pemberitaan terkait belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) retribusi wahana agrowisata Kebun “Refugia” Plaosan, mendapat tanggapan dari jajaran Legeslatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan.

Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Sujatno memastikan, bahwa usulan Perda retribusi untuk Kebun Refugia, sudah disepakati antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan dengan Legislator.

“Perda retribusi itu sudah tanda tangan kesepakatan bersama Pemkab Magetan. Tinggal menyodorkan ke Gubernur untuk pengesahan,” kata Sujatno, Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Selasa (25/2/2020).

Sujatno menjelaskan, Pemkab akan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) apabila sudah disahkan Provinsi Jawa Timur (Jatim). “Kalau memang belum ada, kami akan menanyakan sampai sejauh mana tindak lanjut Pemkab terkait Perda tersebut,” jelasnya.

Selain itu, DPRD akan menagih Pemkab Magetan terkait kesepakatan Perda retribusi untuk beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Magetan. “Kami akan menanyakan semua Perda retribusi untuk Kebun Refugia dan Taman Buah yang sudah disepakati bersama Pemkab Magetan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, tempat wisata kebun Refugia dibawah naungan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan, belum memiliki payung hukum terkait Peraturan daerah (Perda) tentang retribusi sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Magetan.

Karena belum memiliki Perda untuk menarik retribusi, Dinas TPHP-KP Kabupaten Magetan menganut Perda Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Perubahan Kedua Atas Perda Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Usaha. (Ren)

 786 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!