Sukses E-Votting, Magetan Jadi Jujugan Kabupaten Lain


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019, dengan menggunakan sistem E-Votting di 18 Desa se-Kabupaten Magetan, berjalan lancar dan sukse. Terobosan baru dari Bupati Magetan Suprawoto tersebut, telah menuai hasil dalam digitalisasi pencoblosan kepala desa.

Hal itu dibuktikan, dengan datangnya 18 Kabupaten/Kota dari luar Magetan, diantaranya Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Magetan, Pacitan, Ngawi, dan Ponorogo (Karismapawirogo), untuk studi banding dalam mempelajari proses pelaksanaan Pilkades dengan cara e-Votting.

“Ada 18 Kabupaten/Kota yang mengirimkan sekertaris KPU ke Magetan. Kemudian, ada  15 orang Se-Karismapawirogo juga datang ke Magetan untuk mempelajari proses e-Votting yang sedang berlangsung. Kemudian hari ini, kebetulan ada rapat Kepala Dinas PMD di Solo, juga saya tarik kesini biar tau e-Votting di Magetan,” ungkap Eko Muryanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Magetan, Rabu (27/11/2019).

Eko Muryanto, Kepala Dinas PMD Kabupaten Magetan.

Kepala Dinas PMD Magetan juga membeberkan, pelaksanaan e-Votting yang pertama kali dilakukan di wilayah Karisidenan Madiun, membuat penasaran Kabupaten lain untuk mengetahui proses Pilkades dengan sistem digitalisasi.

“Mereka saya undang kesini, paling tidak biar tau tentang E-votting. Tapi ada juga beberapa Kepala Dinas yang pengen tau tentang E-voting.dan sudah menginap disini, diantaranya adalah, Majalengka, Lumajang, Cirebon. Dan ini masih menunggu lagi yang dari Musirawas dari Sumatera Selatan,” jelasnya kepada Arya Media.

Selain itu, pelaksanaan Pilkades E-votting di Magetan, merupakan Kabupaten yang terbanyak jumlah desanya dengan menduduki posisi nomor dua untuk wilayah Jawa Timur. “Mereka lebih tertarik E-voting nya, karena kita paling banyak desanya yang melakukan evoting. Sidoarjo aja baru 4 desa, sedangkan kita sudah 18 desa yang tersebar di 18 kecamatan,” pungkasnya. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *