UA-163642268-1

Syarat Mutlak : Klaim Asuransi Padi Harus Mencapai 75% Kerusakan


ARYA-MEDIA, Magetan – Kabar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan bakal memberikan ganti rugi kepada petani melalui Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), masih menjadi dilema bagi para petani padi. Pasalnya, upaya pemerintah melindungi petani padi melaui Jasindo sebagai pengelola AUTP masih dalam tahap pendataan hingga saat ini.

“Untuk Desa Jajar dan Desa Ngelang, tercatat sudah mengikuti AUTP. Jadi kemungkinan besar bakal mendapatkan asuransi dari Jasindo”, kata Kadin TPHPKP Kab. Magetan, Edy Suseno, melalui Hadi Triyono selaku Staff Bagian Asuransi, Rabu (13/3/2019).

Menurut Hadi, tanaman padi yang terdampak akibat banjir, akan dilakukan pendataan melalui kelompok tani masing-masing. “Petani bakal dapat asuransi bagi yang sudah membayar premi. Untuk prosentase kerusakan yang dapat di klaimkan, harus mencapai kerusakan 75 % baru bisa dicairkan”, terangnya.

Baca Juga :  Panglima TNI Dan Kapolri Kunker ke Bali, Pantau Penegakan Prokes

Sedangkan untuk penurunan hasil produksi petani padi yang mengalami gagal panen, dapat diklaimkan ke Jasindo dengan kriteria diantaranya, akibat banjir, kekeringan, dan terserang hama. “Syarat klaimnya ada tiga, yaitu karena banjir, dilanda kekeringan, dan terserang hama. Untuk syarat mutlaknya adalah, bilaman kerusakannya atau kerugiannya mencapai 75 %”, jelasnya kepada Arya-Media (13/3).

Baca Juga :  Aksi Sosial : Caleg Demokrat Lies Kirun Bersama GSPS Gelar Baksos Peduli Tsunami Banten

Diberitakan sebelumnya, dampak banjir yang meluber di Magetan Rabu (6/3) lalu, khususnya Desa Jajar dan Ngelang, Kecamatan Kartoharjo, mengakibatkan kerusakan yang berdampak kepada petani padi, yaitu lahan seluas 140 Ha yang mengikuti AUTP bakal mengalami kerugian besar. Dan masyarakat yang rata-rata sebagai petani padi, mengharapkan Pemkab untuk segera merealisasi asuransi AUTP sebagai bantuan agar tidak merugi. (ren)

 1,633 total views,  6 views today

Baca Juga :  Manohara Makanan Khas Satgas TMMD Ke 104 Di Desa Poncol


One thought on “Syarat Mutlak : Klaim Asuransi Padi Harus Mencapai 75% Kerusakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!