Tahun 2019, Pemdes Belotan Segera Lounching 3 Kios Pasar Tradisional Dremo


ARYA-MEDIA, Magetan – Menyambut datangnya tahun 2019, Pemerintah Desa (Pemdes) Belotan, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, segera meresmikan Kios Pasar Tradisional Dremo yang terletak di tepi Jalan Raya Magetan-Belotan, tepatnya sebelah timur jalan di perbatasan Belotan – Pingkuk, Magetan.

Desa Belotan yang mayoritas  masyarakatnya adalah petani dan pedagang, sangat antusias dengan rencana peresmian tersebut. Itu adalah merupakan wujud Pemdes Belotan dalam mesejahterakan masyarakat untuk hasil pertanian dalam regulasi perdagangan.

Baca Juga :  Diduga Depresi, Seorang Pria Nekat Gantung Diri di Pohon Rambutan

“Dengan adanya bangunan kios di Pasar Dremo, dapat diserap masyarakat untuk digunakan sebagai tempat transaksi jual beli hasil pertanian”, kata Kepala Desa (Kades) Drs. Sukadi, Senin (31/12/2018).

Kades Sukadi memaparkan, Dana Desa (DD) merupakan bagian dari belanja Pemerintah Pusat dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di perdesaan, termasuk Desa belotan, Kec. Bendo, Magetan tersebut. Arah kebijakan yang pertama adalah meningkatkan pagu Anggaran Dana Desa, serta menyempurnakan alokasi dengan tetap memperhatikan aspek pemerataan dan keadilan”, paparnya.

Baca Juga :  Update 02 September 2020 : Bertambah 7 Orang Terconfirm Positif Covid-19

“Dengan diresmikannya kios di Pasar Tradisional Dremo juga dapat meningkatkan Pendapatan Anggaran Desa (PAD), yang mana dalam pengelolaannya sebagai BUMDes Desa Belotan. Dan nanti akan segera kami resmikan mas”, jelas Kades kepada Arya-Media (31/12).

Sebelumnya lanjut Sukadi, retribusi dipasar tersebut terbilang sangat minim. Dengan adanya kios pasar yang di miliki Desa Belotan menjadi meningkat. “Retribusi sebelumnya terbilang minim mas, dengan penambahan kios dari Desa Belotan yang dihasilkan dari biaya sewa kios sebesar 50 juta / tahun”, pungkasnya.

Baca Juga :  Aksi Demo Warga Setren Mengamuk Di Lanud Iswahyudi, Tuntut Pembebasan

Diketahui, Pemdes Belotan melalui RAB 2018 membuat tiga (3) Bedak (kios) Pasar sebelah utara pasar tradisional Dremo dengan pagu anggaran Dana DD 2018 sebesar Rp. 196.479.500,-. Dan dalam pelaksanaan pengerjaan pembangunan tersebut, dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat yaitu melibatkan warga Desa Belotan, Kec. Bendo, Magetan. (adv/ren)

 1,455 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!