UA-163642268-1

Tahun 2021, Dinkes Sumenep Siapkan 2 Puskesmas dan Labkesda


ARYA-MEDIA | Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep Madura Jawa Timur, akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan membangun dua puskesmas baru dan Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep memastikam pembangunan dua puskesmas di wilayah Kabupaten Sumenep bakal tercapai tahun 2021 mendatang.

“Satu puskesmas akan di bangun di Desa Legung Kecamatan Batang-Batang, dan satu puskesmas lagi di Kecamatan Masalembu. Sedangkan Labkesda berada di Kecamatan Kota,” kata Moh. Nur Insan, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumenep, Jumat (11-12-2020).

Baca Juga :  Ketum MPN Minta KPK Usut Tuntas Dugaan Tipikor Jalan Tol

Nur Insan menjelaskan, melihat kondisi di lapangan bahwa pertumbuhan penduduk sangat luar biasa pesat, membuat Dinkes Sumenep untuk meningkatkan layanan kesehatan dengan membangun puskesmas baru, agar dapat melayani masyarakat secara cepat tanggap dan mudah dijngkau.

“Target kami, tahun 2021 semua puskesmas memiliki gedung yang representatif. Sehingga bisa benar-benar dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” jelas Nur Insan.

Selain itu, tahun 2021 bukan hanya puskesmas baru yang akan dibangun oleh Pemkab melalui Dinkes Sumenep. Namun, ada beberapa Puskesmas Pembantu (Pustu) yang akan dibangun melalui APBD Tahun 2021.

Baca Juga :  Bondowoso Turun Level 2, Tempat Wisata Segera Dibuka

“Semoga tahun depan ada beberapa pustu yang akan dibangun, namun bukan kita (Dinas Kesehatan). Semua ditangani oleh Dinas Cipta Karya, dan Dinkes hanya tinggal menerima manfaat gedung setelah selesai dibangun,” terangnya kepada awak media (11/12).

Kabid Sumber Daya Kesehatan juga berharap, semua puskesmas yang ada dibawah naungannya tetap mengutamakan upaya- upaya preventif dan upaya promotif, akan tapi tidak meninggalkan upaya koratif (pengobatan).

Baca Juga :  Tiga Orang Digrebek Polisi Saat Pesta Sabu Di Rumah

“Harapan bagaimana Puskesmas yang kita bangun itu akan menjadi puskemas yang sangat bisa dinikmati oleh semua masyarakat. Artinya kita memberikan bukan hanya sekedar fisik yang kita bangun, dengan dalan waktu yang bersamaan bagaimana SDMnya juga kita lakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan skill dan kemampuan para tenaga medis di puskesmas,” pungkasnya. (Har/Redk)

 1,365 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!