Tahun Baru 2018, Pemkab Magetan Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk 


 

Magetan, Arya Media – Menjelang pergantian tahun baru, Pemerintah Kabupaten Magetan menyuguhkan hiburan Wayang Kulit semalam suntuk. Selain untuk melestarikan kebudayaan, wayang kulit sebagai petuah dan media pesan moral pada masyarakat sekaligus sarana mengkritik atas kebijakan pemerintah.

Dalam acara ini tampak hadir Sumantri Bupati Magetan beserta Samsi Wakil Bupati Magetan, Bambang Trianto Sekretaris Daerah, Muslimin Kapolres Magetan, Komandan Kodim Heri Bayu W, dan jajaran Muspida.

Tokoh dan lakon dalam pewayangan, sebagai simbul perilaku sifat dan sikap manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pengunjung, Titin asal Magetan yang gayeng dan asyik nonton mengaku sangat senang dengan acara wayang kulit yang digelar di Alun-Alun Magetan, Minggu,(31/12/2017).

Baca Juga :  Tahapan Seleksi Bagus Dyah 2018 Tetapkan 10 Pasang Finalis Terbaik

”Wow seneng sekali, selain suka dengan budaya wayang, cerita dalam lakon wayang kulit banyak pitutur yang kita dapat untuk dikehidupan sehari-hari. Bahkan kita-kita merasa tersindir lho,” ujar Titin yang dibarengi ketawa bersama teman-temannya.

Dalam cerita wayang kulit itu, lanjut Titin, ada peran tokoh yang serakah, ada yang jahat, ada yang baik, bahkan ada yang lucu. Sepertinya dalam tokoh wayang itu mencerminkan karakter kita, imbuhnya.

Baca Juga :  Antisipasi Jelang Lebaran, PUPR Perbaiki Amblesnya Jalan Twin-Road Sukomoro

“Harapan saya, dengan adanya pagelaran wayang kulit ini bisa menjadi tolak ukur untuk koreksi diri, karena dalam lakon ini mempunyai arti membangun jiwa yang bersih, khususnya membangun kepribadian diri sendiri dan para pemimpin,”cetus Titin.

Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon ‘Semar Bangun Jiwo’ yang dimainkan dua dalang, Putut dan Muslimin dari Desa Puntuk Kecamatan Parang ini jeda sesaat tepat pukul 00:00 WIB. Detik-detik pergantian tahun, Bupati Magetan, H.Sumantri berharap, di tahun baru ini semoga Kabupaten Magetan menjadi lebih baik, maju, dan sejartera.

Baca Juga :  Pro Dan Kontra Pansus 1 DPRD Ngawi Bahas Ranperda BUMDes

“Kita semua dari elemen masyarakat dan pejabat pemerintahan harus selalu mengedepankan kedaulatan, kekompakan, dan kebersamaan dalam bahu-membahu untuk membangun kota tercinta kita. Selamat Tahun Baru, kita songsong Magetan yang lebih baik,” ungkapan H. Sumantri yang dilanjutkan menyalakan pesta kembang api sebagai pertanda masuknya tahun baru 2018.

Reporter : Ipung Agustina / Umar Suseno

Editor : Porto Folio

 1,232 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!