UA-163642268-1

Tahun Ini, Mega Proyek Twin ROAD Dilanjutkan PUPR Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Perencanaan proyek jalan kembar Twin Road, mulai dri wilayah Sukomoro sampai dengan Maospati, Magetan, bakal terus berlanjut. Proyek dengan rencana anggaran Rp79,5 miliar tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Perencanaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kab. Magetan akan melanjutkan tahapan ke empat (4) dengan gelontoran dana Rp. 2.269 Milyar.

Menurut data yang dihimpun Arya Media, tahapan pertama jalan Twin Road yang dibangun terlebih dahulu adalah jalur Maospati-Sukomoro. Proyek jalan sepanjang 7,5 kilometer itu dimulai dari barat terminal hingga depan kantor Kecamatan Sukomoro. Untuk pembangunan tahap ini, panjangnya mencapai 3,9 kilometer dan diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp 41 miliar. Kemudian, tahap kedua, proyek jalan antara depan kantor Kecamatan Sukomoro hingga perempatan Desa Bulu dengan panjang 2 kilometer. Biaya yang dialokasikan pada segmen kedua tersebut mencapai Rp21 miliar.

Setelah tahap pertama dan kedua selesai, dilanjutkan pembangunan segmen ketiga. Yaitu, jalur mulai Desa Bulu hingga perempatan Sukomoro, dengan panjang jalan mencapai 1,5 kilometer dan memakan anggaran Rp. 17,5 miliar.

Baca Juga :  Tanam Satu Pohon Sejuta Manfaat, Pemkab Magetan Tanam 1000 Pohon dan Tabur 2500 Tombro di Embung Selotinatah

Dan untuk tahapan keempat, PUPR Kab. Magetan bakal melaksanakan pembangunan lanjutan jalan Ring Road dengan panjang 2 kilometer, tepatnya sampai dengan depan kantor DPC PAN. Dengan dana Rp 2.269 milyar tersebut, pihaknya hanya melakukan pembuatan trotoar jalan. Sedangkan untuk pelebaran jalannya, dilakukan oleh PUPR dari Provinsi.

“Pihak PU Magetan hanya melakukan pembangunan trotoarnya saja, sedangkan jalan utamanya dilakukan oleh pihak Provinsi Jawa Timur,” Kata Ir. Hergunadi, MT., Kepala Dinas PUPR Kab. Magetan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Parlan, ST., Kamis (2/5/2019).

Baca Juga :  Target Nasional : Upaya Persiapan Grebeg Pring Urip 2018 Masih Mencapai 30 Persen

Suparlan membeberkan, bahwa Pelaksanaan proyek Twin Road untuk tahun 2019 ini, diperkirakan pada bulan Juni mendatang. “Untuk saat ini, masih dalam proses lelang. Mungkin pelaksanaannya akan dimulai pada bulan Juni setelah lebaran,” ungkapnya.

Diberitahukan bahwa, upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan untuk pembuatan jalan kembar atau dikenal dengan “Twin Road” tersebut, bakal terus dilakukan hingga menyambung ke Jalan Raya Maospati, Magetan. (ren)

 5,202 total views,  6 views today

Baca Juga :  Pasang Surut Industri Furnitur Jawa Timur di Masa Pandemi, Ribuan Kontainer Go Internasional


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!