Tanam Ribuan Bibit Pohon, Bupati Magetan : Penghijauan Untuk Anak Cucu Kita Pada Masa 10 Tahun Mendatang


ARYA-MEDIA, Magetan – Bupati Magetan Suprawoto, didampingi Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti, mengikuti penanaman bibit pohon bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), beserta seluruh Kepala OPD, di lereng gunung Bligo, tepatnya masuk Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan.  Jum’at (7/2/2020).

Bupati Suprawoto mengatakan, banyak sekali masalah terus terulang yaitu krisis air yang terjadi di daerah Magetan Selatan. Salah satu solusi jangka panjangnya yaitu dengan melaksanakan Penghijauan. Karena akan bermanfaat pada anak cucu kelak pada masa 10 tahun mendatang. Upaya tersebut, juga dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, dengan membuat kebijakan kepada penganten baru untuk menanam pohon.

“Menanam pohon itu, kita harus fokus pada sebuah tempat. Supaya kita tahu before after nya dalam penanaman bibit pohon tersebut,” kata Kang Woto, sebutan akarab Bupati Magetan.

Dijelaskan Bupati, Penghijauan ini adalah upaya Pemerintah untuk menangkal terjadinya bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Apabila kita menjaga alam, maka alam juga akan menjaga kita.

“Kepada Pak Camat dan Pak Lurah, belajarlah dari mbah Sadiman yang ada di Wonogiri. Kenapa sumber air di sana bisa melimpah. Mbah Sadiman adalah penggiat tanaman, seorang diri ia menanam pohon di hutan, dan akhirnya satu desa bisa menjadi swasembada air. Hal seperti itu, ilmunya bisa diterapkan di Magetan,” tegasnya.

Selain itu, dalam menanam sebuah pohon harus rutin untuk dilihat dan dirawat. Setelah minimal 20% pohon tersebut tumbuh, akan dapat menghidupi seluruh masyarakat sekitar, juga sebagai tempat tinggal untuk satwa yang ada.

“Ini adalah milestone untuk menjaga lingkungan, karena penduduk masyarakat Magetah bakal terus betambah. Oleh sebab itu, suka tidak suka akan mengurangi lahan baik untuk penghidupan atau tempat tinggal. Dan penanaman pohon pada musim penghujan saat ini, pasti akan tumbuh dengan baik,” jelas Bupati Magetan, Jum’at (7/2).

Disisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan, Iswatul Khasanah mengaku, bahwa tujuan penanaman pohon tersebut, sebagai upaya untuk perlindungan sumber mata air, serta melestarikan lingkungan dalam kebutuhan masyarakat sekitar.

“Adapun bibit pohon yang ditanam adalah bibit pohon beringin, pohon keras dan pohon produktif lainnya. Kurang lebih ada 1800 bibit yang ditanam pada hari ini,” pungkasnya. (Ren) 

 290 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!