UA-163642268-1

Tanam Satu Pohon Sejuta Manfaat, Pemkab Magetan Tanam 1000 Pohon dan Tabur 2500 Tombro di Embung Selotinatah


ARYA-MEDIA/MAGETAN – Sebagau upaya pelestarian alam di wilayah Kabupaten Magetan, salah satunya dengan melakukan penanaman 1000 pohon ketapang, kencana, songon, kimbelina, trembesi, dan tabur benih ikan tombro sebanyak 2500, di salah satu embung di Kabupaten Magetan tepatnya di Embung Selotinatah kecamatan Ngariboyo Magetan, Jumat (12/03/2021).

Acara tersebut dihadiri Bupati Magetan Suprawoto bersama warga sekitar, dengan tema “Satu Pohon Sejuta Manfaat” untuk menjaga ekosistem Embung Selotinatah dalam mencegah erosi dan meningkatkan oksigen bumi serta mengikat kesetabilan cadangan air tanah sehingga ekosistem alam tetap terjaga.

Bupati Suprawoto menyambut baik terkait kegiatan pelestarian lingkungan untuk tahun yang akan datang. Menurutnya, hal itu bagus dan harus diadakan lagi di awal musim penghujan. kalau saat ini sudah hampir akhir musim penghujan, walaupun demikian menurut BMKG memprediksi musim kemarau basah, artinya musim kemarau pendek tetapi musim penghujan panjang.

Baca Juga :  Antisipasi Corona : TNI bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Bojonegoro, Pantau Kedatangan Pemudik

“Untuk pelaksanaan pelestarian tahun depan harus direncanakan dengan betul, minimal bulan Januari nantinya bisa tumbuh kuat dan koko. Sehingga pada musim kemarau sudah kuat, dan pemeliharaannya pun juga tidak terlalu mahal,” kata Suprawoto, Jumat (12/3).

Dalam kesempatan itu, Lurah selotinatah juga mengusulkan bahwa kedepan Embung Selotinatah akan dijadikan potensi wisata bagi masyarakat Magetan. “Usulan tersebut disambut baik oleh Bupati Suprawoto dengan perencanaan membuat jalan mengitari embung, sehingga ada joging track untuk wisata nantinya,” jelasnya kepada Arya Media.

Baca Juga :  Seorang Perempuan Muda Ditemukan Meninggal di Sungai Kanal

Sementara itu, Pemkab Magetan bakal memikirkan usulan desa dalam peningkatan Embung Selotinatah Ngariboyo. Karena masih fokus dalam penanganan pandemi Covud-19. “Jika nanti covid-19 reda, akan kita pikirkan, dan program yang realistis seperti ini patut disikapi, minimal ada kerja sama,” pungkas Bupati Magetan. (Rwy/Ren)

 610 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!