Tanaman Padi Diserang Hama, Petani Tak Kuatir Sudah Tercover AUTP


ARYA-MEDIA, Magetan – Setelah diserang hama tikus beberapa waktu lalu, kini tanaman petani padi di wilayah Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan, harus rela menelan pil pahit. Pasalnya, tanaman padi yang sudah berumur 65 hari milik petani di Desa Mrahu, harus siap gagal panen lantaran rusak diserang hama wereng.

Supardi, seorang petani di Wilayah Kecamatan Kartoharjo menjadi was was, lantaran tanaman padi miliknya takut terserang hama yanga sama. “Saya takut mas, kalo padi saya juga diserang hama. Semoga aja tidak,” ucapnya, Jum’at (14/2/2020).

Sementara itu, petugas Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kartoharo Giyanto membenarkan, bahwa tanaman padi di wilayah Kecamatan Kartoharjo, masuk Desa Mrahu, bakal mengalami gagal panen lantaran tanaman padi milik para petani rusak diserang hama.

“Luasannya sekitar 2 hektar yang diserang werreng, setengah tanaman padi sudah rusak dimakan wereng,” ujarnya.

Giyanto menjelaskan, menanggapi hal tersebut, pihaknya berupaya melakukan penyemprotan masal agar tanaman padi disekitarnya tidak ikut diserang hama. Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan juga ikut mengawasi jalannya penyemprotan masal tersebut.

“Untuk pengamanan lingkungan, wilayah tersebut sudah selesai di semprot masal dengan dipantau dari Dinas Pertanian,” jelasnya kepada Arya-Media, Jum’at (14/2).

Petugas BPP Kecamatan kartoharjo mengaku, merasa tenang walaupun petani binaannya mengalami serangan hama wereng. Karena sebagian tanaman padi yang berada di wilayah Kecamatan Kartoharjo sudah diikutkan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) untuk mengantisipasi terjadinya serangan hama dan bencana.

“Kami sedikit tenang, karena sawah yang diserang hama sudah di asuransikan. Jadi kalaupun terjadi gagal panen akibat diserang hama, akan mendapatkan klaim dari AUTP sebagai pengganti tanaman yang rusak. Minimal para petani tidak rugi banyak, dan asuransi ini sangat bermanfaat bagi petani,” pungkasnya. (Ren)

 947 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!