Temboro Physical Distancing, Dinsos Magetan Dirikan Dapur Umum


ARYA-MEDIA, Magetan – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Magetan, mendirikan dapur umum di halaman Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, sebagai upaya untuk meringankan beban bagi warga Desa Temboro yang terdampak Covid-19. Saat ini, Desa Temboro, merupakan zona merah setelah ditetapkannya oleh Pemkab Magetan dengan adanya 4 pasien terconfirm positif Virus Corona.

Dapur umum dari Dinsos Magetan, melibatkan beberapa pilar sosial seperti Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Taruna Siaga Bencana  (TAGANA), dan juga pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), serta beberapa Relawan yang lainya, Kamis (24/04/2020).

“Untuk bulan Ramadhan, sembakonya berupa beras 5 kuintal, minyak,,kecap, mie instan, dan telor 1 kuintal, semua itu dikhususkan untuk Desa Temboro. Kedepan, kita akan lakukan secara bertahap. Apabila dari posko sendiri banyak persediaan, juga akan dialihkan ke sana, apakah itu ke pondok atau ke desa,” kata Yayuk Sri Rahayu, Kepala Dinas Sosial, Kabupaten Magetan, Kamis (23/04/2020).

Foto : Yayuk Sri Rahayu, Kepala Dinas Sosial Kab Magetan

Kepala Dinsos Magetan mengatakan, bahwa pendirian dapur umum tersebut untuk menyiapkan 1000 bungkus nasi, yang akan diserahkan kepada masyarakat Desa Temboro akibat terdampak Covid-19. “Pembagian nasi bungkus tersebut sekaligus dalam rangka memperingati hari Kartini dan menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1441 H tahun ini,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan sosial yang dilakukan oleh Pemkab Magetan, dialokasikan dari anggaran Dinso Magetan, kepada Desa Temboro yang menjadi status zona merah, karena dilakukan isolasi seluruh desa dengan menerapkan Pysichal Distanching.

“Untuk alokasi anggarannya dari Dinas Sosial. Nanti akan kita pikirkan untuk kedepanya seperti apa. Namun, kalau memang di Ponpes Temboro ada partisipasi gotong royong, maka akan kita bagi ke beberapa titik dengan melibatkan warga masyarakat khususnya warga Desa Temboro,” jelas Yayuk kepada Arya Media, Kamis (23/04).

Yayuk juga mengimbau kepada warga Desa Temboro, agar mengikuti himbauan Pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, dengan mengikuti protokol kesehatan. “Ikuti himbauan Pemerintah, dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan rajin cuci tangan, dan jangan lupa memakai masker,” pungkasnya. (Ren)

 787 total views,  8 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!