Terapkan Prokes, Pemkab Magetan Bakal Gelar Sholat Idul Adha Dengan Jamaah Terbatas


ARYA-MEDIA, Magetan – Menyambut Hari Raya Idul Adha tahun 2020 atau 10 Zulhijah 1441 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Jawa Timur, bakal menggelar sholat berjamaah di Masjid Agung Baitusallam Kota Magetan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pada Jumat 31 Juli 2020 mendatang.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kabupaten Magetan, Suhardi mengatakan, sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020, Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 2020 bahwa, pelaksanaan sholat Idul Adha tahun ini tetap dilaksanakan dengan melakukan pembatasan jamaah.

“Sesuai dengan Surat Edaran dari Menteri Agama, karena saat ini masih pandemic Covid-19, maka pelaksanaan sholat Idul Adha tahun ini dibatasi jumlah jamaahnya,” kata Kabag Kesra Pemkab Magetan, Senin (20/7).

Suhardi, Kabag Kesra Pemkab Magetan.

Protokol Kesehatan (Prokes) dan Physical Distancing (Jaga Jarak), diberlakukan takmir Masjid Baitusallam Magetan dengan membatasi jumlah jemaah sebanyak 700 orang. Namun, untuk mengatasi membludaknya jamaah, takmir masjid meminta kepada Pemkab Magetan untuk menambah kuota sebanyak 1000 orang.

“Kalau bagian dalam Masjid, bisa mencakup 700 orang,  namun takmir Masjid meminta  halaman Masjid juga dipakai. Dan saat ini, kami masih mengajukan ijin kepada Bupati Magetan dan Gugus Tugas Covid-19 sebagai penentu kebijakan,” jelas Suhardi.

Selain itu, Pemkab Magetan juga akan berkoordinasi dengan Dishub dan Satpol Magetan, untuk berjaga-jaga dalam mengantisipasi datangnya jamaah. “Akan kita koordinasikan dengan Dishub dan Satpol PP, aebagai antisipasi memblludaknya pengunjung,” pungkasnya. (Ren)

 887 total views,  12 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!