Terbaik ke-2 di Jawa Timur, Bupati Magetan Terima Penghargaan KBK ‘Teknik Bintang’


ARYA-MEDIA | Malang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, atas inovasi ‘Teknik Bintang’ dalam Pelayanan Kepada Masyarakat (PKM) terkait upaya untuk pencegahan stunting dan peningkatan gizi balita.

Penghargaan terbaik ke-2 se-Jawa Timur dalam Kompetisi Budaya Kerja (KBK), diterima langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto, dalam acara yang diselenggarakan di Hotel Singasana Batu Malang, Jum’at (13 /11/2020).

Inovasi “Teknik Bintang ” merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh PKM Tekaran, dalam menekan angka kematian bayi, serta peningkatan gizi Bayi dalam mencegah stunting dengan bimbingan teknik pemberian susu ASI disaat bayi tidur dengan sendok

Baca Juga :  DPRD Berpesan : Pemkab Harus Perhatikan Petani Padi Yang Tidak Tercover Asuransi

Bupati Suprawoto mengatakan, apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan selamat diberikan kepada KBK dari PKM Takeran, atas Inovasi yang berbuah Penghargaan dari pemerintah Propinsi Jatim.

“Melalui penghargaan ini saya berharap dapat memotivasi OPD lain dalam membuat Inovasi-inovasi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Magetan, Jumat (13/11).

Selain itu, ucapan terima kasih kepada teman-teman KBK Prodita dan PKM Takeran yang telah bekerja keras dengan inovasinya. “Semoga semuanya akan berujung pada meningkatnya kesejahteraan warga masyarakat Magetan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Update News : Bertambah 1 Orang Pasien Positif Covid-19 Magetan

Diberitahukan bahwa, Prodita Pukesmas Takeran melakukan Bimbingan dan konseling secara intensif kepada warga masyarakat Magetan, khususnya kepada bayi baru lahir tahapan 1-3 hari pertama. Teknik Bintang diajarkan kepada ibu-ibu yang baru melahirkan, dengan cara memakai sendok untuk menampung kolostrum yang keluar sedikit-sedikit, dengan menggunakan sendok untuk diberikan kepada bayi secara teratur.

Baca Juga :  Aksi Demo : Ratusan Serikat Pekerja Minta Pemkab Sidoarjo Naikkan UMK

Adapun kelebihan teknik ini adalah, dengan hanya menggunakan modal yang sedikit yaitu leaflet dan sendok kecil, dilakukan pendampingan dan bimbingan serta konseling, akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Yakni, keberhasilan menyusui, meningkatkan cakupan ASI eksklusif, serta menurunkan angka stunting. (Redk)

 14,363 total views,  17 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!