Terjadi Lagi : 6 Dusun Tergenang Air, Akibat Luapan Kali Moneng


ARYA-MEDIA, Ngawi – Bencana banjir, melanda Desa Babadan Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi Jawa Timur, Selasa (14/04/2020).

Terjadinya banjir tersebut, akibat dari luapan Kali Moneng Madiun, yang melintas di desa tersebut. Akibatnya, enam (6) wilayah di Desa Babadan Kecamatan Pangkur, tergenang air.

“Ini terjadi lagi seperti bulan Februari lalu. Dampaknya sama, yaitu ada enam Dusun yang tergenang air. Diantaranya adalah Dusun Loran, Nganti, Tengahan, Gerung, Kasren, dan Dusun Kaligandri,” kata Prila Yuda Putra, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, Selasa, (14/04).

Diungkapkan Prila Yuda, akibat luapan air tersebut, mengakibatkan akses jalan dusun tergenang air. Namun, masih bisa dilalui kendaraan. “Saat dilaporkan, kondisi air belum masuk ke rumah penduduk,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada hari Senin (13/4) wilayah Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun, terjadi hujan deras sekira pukul 21.00 Wib. Sehingga mengakibatkan sungai Moneng di wilayah tersebut tidak dapat menampung air.

“Aliran air sungai Moneng yang melintasi Desa Babadan mulai meluap pada selasa pagi. Hingga sampai saat ini, air masih menggenangi area jalan dusun yang terdampak banjir,” jelasnya.

BPBD Kabupaten Ngawi menghimbau, kepada warga masyarakat yang berada di daerah aliran Kali Moneng, agar selalu waspada sewaktu waktu apabila arus sungai mulai naik. “Apabila air mulai pasang, siap-siap mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman, atau ke tempat yang sudah ditentukan oleh perangkat desa,” pungkasnya.

Diberitahukan bahwa, jajaran petugas dari Kepolisian bersama TNI, juga terus melaksanakan patroli pemantauan terhadap wilayah yang terdampak bencana banjir di Desa Babadan Kecamatan Pangkur Kab Ngawi. (Redk)

 813 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!