UA-163642268-1

Tingkatkan Debit Air Bagi Petani, PUPR SDA Lakukan Pembersihan Walet


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam rangka menghadapi musim kemarau, agar debit minimum yang ada bisa mengalir dengan lancar dan  bermanfaat optimal untuk masyarakat petani, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kab. Magetan, melalui Bidang Sumber Daya Air, melakukan kerja bakti membersihkan saluran sekunder di beberapa wilayah.

Salah satunya yaitu di DAM Ngluweng dan saluran sekunder ngluweng. Kerja bakti tersebut dilakukan untuk membersihkan saluran dari endapan walet agar aliran air tidak tertahan sehingga menjadi lancar.

“Semula debit yang mengalir disaluran Sekunder Ngluweng sebelum diangkat waletnya 150 l/dtk. Setelah diangkat waletnya, debit air yang masuk menjadi 300 l/dt,” kata Hergunadi Kepala Dinas PUPR Kab. Magetan, melalui Yuli K Iswahyudi selaku Kabid SDA, Kamis (23/5/2019).

Baca Juga :  Update Covid-19 Magetan : Sembuh 4 Orang, Pasien Positif Bertambah 2 Orang

Yuli menjelaskan, bahwa Kerja bakti tersebut dilakukan oleh 3 Unit Pelaynan Terpadu (UPTD), yaitu UPTD Gandong, UPTD Bringin dan UPTD Jejeruk. “Hasil dari 2 lokasi di Saluran Sekunder Ngluweng yang dikerjakan HIPPA Nitikan karena walet tidak bisa diangkat dipinggir saluran akhirnya dimasukan ke karung untuk dipindahkan ke tempat laen agar tidak mengganggu,” terangnya.

Baca Juga :  Babinsa Menghadiri Musyawarah Desa, Pra APBDes Tahun 2018

Sedangkan untuk debit akhir yang masuk ke telaga Pasir/Sarangan, setelah diangkat waletnya, debit yang masuk mencapai kurang lebih 300 l/dt dan bisa meningkatkan suplisi untuk menyeimbangkan debit air yang dikeluarkan untuk kebutuhan petani di saat musim ini.

“Pembersihan walet tersebut, adalah sebagai usaha untuk meningkatkan kelancaran debit air yang masuk ke telaga Pasir/Sarangan. Sedangkan debit air yang dikeluarkan dari intake sarangan sebesar 450 l/dtk, sehingga dapat dimanfaatkan oleh petani diwilayahnya,” pungkasnya. (ren)

 1,782 total views,  2 views today

Baca Juga :  Stimulus Baru Disparbud Magetan, Promosi Wisata 'Table Top Travel Mart 2020'


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!