google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

Tingkatkan Itensitas Tanam, PUPR Magetan Rehabilitasi Saluran Irigasi


ARYA-MEDIA, Magetan – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) terus melakukan Pemeliharaan Prasarana Jaringan Irigasi di wilayah Kabupaten Magetan.

Salah satunya, Rehabilitasi Saluran Sumber Tumpang, tepatnya di Desa Purworejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Dengan debit baku sawah seluas 83 ha, yang mencakup wilayah Desa Purworejo, Kenongomulyo, dan Desa Kiringan.

“Pemeliharaan ini dapat mengairi Desa Purworejo dengan luas 12 ha, Desa Kenongomulyo 59 ha, dan Desa Kiringan seluas 12 ha,” kata Plt Kepala Dinas PUPR Magetan, Mukhtar Wakid melalui Kepala Bidang SDA, Yuli K Iswahyudi, Rabu (9/9/2020).

Rehabilitasi jaringan irigasi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan intensitas tanam di daerah irigasi Kecamatan Nguntoronadi Magetan dengan luasan 83 ha. Adapun sumber anggaran dari APBD Pemkab Magetan tahun 2020 yang mencapai kurang lebih Rp. 197 juta lebih. “Ini masih tahap pelaksanaan, yang dikerjakan oleh rekanan CV. Adhi Karya Indah dari Magetan,” terang Yuli.

Dijelaskan Yuli, anggaran tersebut untuk pekerjaan pasangan batu talud saluran, dan galian tanah walet sebagai normalisasi saluran. “Ditargetkan proyek tersebut dapat rampung secara menyeluruh pada Oktober 2020,” jelas Kabid SDA PUPR Magetan, Rabu (9/9).

Selain itu, perbaikan saluran irigasi ini akan meningkatkan suplai air irigasi secara berkelanjutan bagi tiga daerah irigasi yakni Desa Purworejo, Kenomulyo, dan Kiringan. “Permasalahan pengelolaan sistem irigasi juga menjadi tantangan tersendiri seiring dengan meningkatnya kebutuhan peningkatan kualitas pelayanan pemenuhan air bagi masyarakat. Untuk itu, diperlukan kebijakan mengenai modernisasi irigasi yang dikembangkan melalui lima aspek, diantaranya tingkat keandalan suplai air, keandalan jaringan irigasi, manajemen air, sistem kelembagaan dan sumber daya manusia,” pungkasnya. (Ren)

 1,387 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!