Tingkatkan Kompetensi SDM Jasa Konstruksi, PUPR Magetan Gelar Bimtek SMKK


ARYA-MEDIA | Magetan – Untuk meningkatkan kapasitas kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang Jasa Konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, Bidang Cipta Karya, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK), selama 5 (lima) hari berturut-turut, mulai tanggal 19-23 Oktober 2020.

Bimbingan teknis SMKK yang diselenggarakan tanpa tatap muka tersebut, dilakukan dengan cara virtual/daring (online), diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari 11 ASN dan 39 peserta dari Penyedia Jasa Konstruksi Kabupaten Magetan.

“SMKK adalah bagian dari sistem manajemen pelaksanaan pekerjaan konstruksi, dalam rangka menjamin terwujudnya keselamatan konstruksi. Dengan pemenuhan standar keamanan, keselamatan, kesehatan secara berkelanjutan, dapat menjamin keselamatan teknik konstruksi, keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, serta keselamatan publik dan lingkungan,” kata Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan, Mukhtar Wahid, ST. MT., melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Rohkmat Zainuddin, ST. MT., Kamis (22/10).

Baca Juga :  Pedagang Sayur Keliling Nyambi Jualan Narkoba Ditangkap Polisi

Dijelaskan Rohkmat, sesuai Surat Edaran Menteri PUPR No. 18/2020 Tentang Pelaksanaan Tatanan dan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi, konsultan manajemen konstruksi, konsultan pengawasan konstruksi, dan kontraktor, harus menerapkan SMKK yang memenuhi standar keamanan, keselamatan, kesehatan dan keberlanjutan. “Sedangkan SMKK, diterapkan pada tahapan pemilihan, pelaksanaan, dan serah terima suatu pekerjaan,” jelasnya.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Penadah Dan Peggelapan Motor Curian

Selain itu, PUPR Kabupaten Magetan memberikan kesempatan kedua secara gratis bagi para konsultan dan kontraktor Magetan, untuk mengikuti bimtek SMKK dengan sumber anggaran dari APBD Perubahan Tahun 2020 Magetan, dan Sharing Bantuan Paket Data dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya.

“Bimtek kedua direncanakan tanggal 2-6 November 2020 mendatang., dan peserta bakal mendapatkan sertifikat K3 secara gratis tanpa dipungut biaya,” ungkapnya, kepada Arya Media, Kamis (22/10).

Baca Juga :  Pedoman Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun 2020

Sebagai informasi, bimbingan teknik secara virtual tersebut, dikomandoi oleh pejabat struktural dari Kementerian PUPR, Tenaga Ahli Utama K3 Konstruksi, dan Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (A2K4), serta BPJS Ketenagakerjaan. (Ren)

 950 total views,  10 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!