Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat, Desa Kandangan Berinovasi


Ngawi, Arya Media – Pemerintah Desa Kandangan, Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi, melakukan inovasi dalam pemanfaatan pemberdayaan, yakni dengan menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan bordir. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kandangan, yang diawali mulai 1 Maret 2018 dan akan berakhir pada 22 Maret 2018.

Kepala Desa (Kades) Kandangan, Sukiran H.P, mengatakan, dirinya beserta perangkat mencoba melakukan terobosan untuk mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan yang dipilih berupa pelatihan bordir, yang notabennya dari kerjasama dengan UPTPK Madiun. Mengingat potensi SDM warga kandangan cukup besar dalam bidang tata busana.

Baca Juga :  Panggung Prajurit TMMD Di Poncol, Jadikan Berkah Bagi Pedagang Dadakan

“Saya berharap setelah pelatihan bordir bisa termotifasi untuk berwirausaha di bidang bordir atau bisa membuka konfeksi di desa kandangan. Secara bertahap mereka yang mengikuti pelatihan akan di fasilitasi mesin jahit nantinya”, ungkap Sukiran.

Lanjut Kades Kandangan, pelatihan bordir di desa Kadangan ini adalah inovasi yang di lakukan oleh perangkat desa Kadangan dalam upaya untuk meningkatkan Pendapatan masyarakat yang mengantarkan kepada kemandirian. Pemberdayaan tidak bersifat selamanya namun sampai target pemberdayaan mampu mandiri.

Baca Juga :  Kecelakaan Tunggal : Minibus Alami Pecah Ban, 7 Penumpang Luka-Luka, 1 Diantaranya Tewas di Lokasi

Sementara itu, Pemerintah Desa Kandangan bekerjasama UPTPK Madiun, sebanyak 20 orang PKK dari perwakilan tiap dusun diberikan bekal ketrampilan menjahit. Selama 14 hari para kader PKK tersebut mendapatkan materi pelatihan, mulai dari materi dasar sampai dengan praktek langsung untuk pembuatan produk”, terangnya.

Kardimanto selaku instruktur dari UPTPK Madiun menyampaikan, “ada 120 jam materi pembelajaran yang harus diikuti oleh dua puluh peserta. Meliputi materi teori maupun materi praktek”, pungkasnya. (Adv/yun)

 1,099 total views,  3 views today

Baca Juga :  Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada, Bawaslu Ajak Mahasiswa IAI Ngawi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!