Tingkatkan Produksi Pertanian, PUPR Magetan Sosialisasi Rehabilitasi Saluran Irigasi TUS 5 Bringin


ARYA-MEDIA, Magetan – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, melalui bidang Sumber Daya Air (SDA) PUPR Magetan, melaksanakan sosialisasi Rehabilitasi Saluran Irigasi Tulung Selatan 5 ( TUS 5 ), di Jaringan Irigasi Bringin Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan, Selasa (23/6/2020).

Dari pantauan Arya Media, sosialisasi tersbut dihadiri oleh beberapa perwakilan dari 4 desa yakni, Desa Sukowidi, Pojok, Nguntoronadi, Semen, dan Desa Ngunut. Bertempat di UPT Pengairan Bringin Kecamatan Kawedanan, sosialisasikan rencana pembangunan rehabilitasi saluran irigasi yang dapat mengairi baku sawah 184 hektar, meliputi empat (4) desa yang berada di wilayah Kecamatan Kawedanan Magetan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan, Hergunadi, melalui Kepala Bidang (Kabid) SDA PUPR Magetan, Yuli K Iswahyudi mengatakan, dari hasil survey di lapangan saat ini masih banyak saluran irigasi di wilayah Kecamatan Kawedanan yang harus mendapat perbaikan. Namun, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemerintah, perbaikan akan dilakukan secara bertahap.

“Kami setiap tahun melakukan rehabilitasi secara bertahap, dengan memperhatikan skala prioritas,” ujarnya, Selasa (23/6).

Dijelaskan Yuli, untuk rehabilitasi jaringan irigasi TUS 5 jaringan Bringin, menggunakan DAU dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Magetan tahun 2020 sebesar Rp. 200 juta, dengan cara Pengadaan Langsung melalui sistem lelang.

’’Alhamdulillah untuk sosialisasinya berjalan lancar dan untuk pengerjaannya diperkirakan mulai awal Juli mendatang,” jelasnya.

Kabid SDA PUPR Magetan berharap, dengan dilakukannya rehabilitasi jaringan irigasi nanti, diharapkan dapat berfungsi dengan maksimal. Sehingga kebutuhan air untuk petani dapat terpenuhi.

“Program rehabilitasi irigasi ini pun sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mendorong peningkatan produksi pangan di bidang pertanian dan juga untuk melindungi daerah permukiman serta sarana publik lainnya,” pungkasnya. (Ren)

 298 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!