Tingkatkan Produktivitas Petani Tembakau, Dinas Pertanian Ngawi Sosialisasi Dukungan Sarana dan Prasana Usaha Tani


ARYA-MEDIA, Ngawi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi, melalui Bidang Perkebunan dan Holtikkultura Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi Jawa Timur, sosialisasikan kegiatan dukungan sarana dan prasana usaha tani tembakau tahun 2020, yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) pada Bulan Juni 2020.

Sosialisasi pada petani tembakau tersebut, dilakukan tiap tahun dengan tujuan pembinan dan pendampingan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) tembakau, agar dapat meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman tembakau di wilayah Kabupaten Ngawi.

Untuk mendukung program peningkatan kualitas bahan baku tembakau, Dinas Pertanian Ngawi melaksanakan sosialisasi kegiatan dukungan sarana dan prasarana usaha tani tembakau, di 3 Kecamatan yang berada di areal tembakau terluas di wilayah Kabupaten Ngawi.

Kepala Dinas Pertanian, Marsudi, melalui Kabid Perkebunan dan Holtikkultura, Wibowo mengatakan bahwa, selama ini, bantuan yang dibarikan hanya sebagai simulasi berupa alat mesin pertanian, seperti cultivator, pompa air, dan hand sprayer elektrik. Sehingga diharapkan dengan sosialisasi ini, lebih memberikan motivasi petani tembakau untuk meingkatkan produktivitas tanaman tembakaunya pada tahun 2020.

“Karena pasar tembakau masih terbuka luas dan secara analisa usaha tani dikelola dengan baik, maka hasil menanam tembakau jauh lebih besar jika dibanding dengan tanaman padi. Sehingga brend tembakau di Kecamatan Karangjati akan bangkit kembali, dan bisa menjadi ikon tersendiri bagi komiditi perkebunan di Kabupaten Ngawi,” Ujar Kepala bidang Perkebunan dan Hortikultura.

Sementara itu, para petani tembakau yang di wakili oleh Sojo selaku ketua APTI (Asosiasi Petani Tembakau Indonesia) Kabupatan Ngawi berharap,  Pemkab Ngawi melalui Dinas Pertanian, kedepan bisa memberikan alokasi bantuan yang lebih besar, untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman tembakau di wilayah Kabupaten Ngawi.

“Harapnnya, bantuan tersebut dapat menjangkau sebagian besar petani/kelompok tani tembakau yang ada di wilayah Kabupaten Ngawi,” ungkapnya. (Endik)

 430 total views,  20 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!